Hore..!!! Gaji Pokok PNS, TNI/Polri dan Pensiunan Naik 5%

gaji pokok pns

Topmetro News – Gaji pokok PNS naik 5 persen, begitu pun dengan TNI/ Polri dan pensiunan yang bakal naik rata-rata 5 persen. Gaji popok PNS ini sebagaimana diantur dalam nota keuangan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun Anggaran 2019.

Gaji Pokok PNS Naik Usulannya Tuntas Pekan ke 4

Sekadar diketahui draf Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang kenaikan gaji dan pensiun pokok PNS, TNI/Polri dan pensiunan ditargetkan tuntas disiapkan pada pekan ke-4 Januari 2019.

Haryomo Dwi Putranto, Deputi BKN Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian (PMK) menuturkan, kini RPP Kenaikan Gaji dan Pensiun Pokok TNI/Polri, Badan Kepegawaian Negara (BKN) sedang menunggu surat permohonan bantuan teknis penyusunan RPP.

“Akhir Januari semua draf RPP akan diteruskan ke Kementerian PANRB untuk kemudian diteruskan kepada Presiden melalui Kemensetneg,” kata Haryomo Dwi Putranto seperti dilansir JawaPos.

Namun, sebut Haryomo, khusus untuk TNI/Polri, akan diundang kembali untuk validasi kenaikan gaji setelah tabel kenaikannya diselesaikan di unit Kompensasi Aparatur Sipil Negara (ASN) BKN.

Dijelaskan, untuk besaran kenaikan gaji pokok dan pensiun pokok bagi seluruh Aparatur Negara dan Pensiunannya naik rata-rata 5 persen sebagaimana dinyatakan dalam nota keuangan RAPBN Tahun Anggaran 2019.

Penguatan Produktivitas Kinerja ASN

Lebih lanjut disebutkan, kenaikan ini ditujukan untuk menguatkan produktivitas ASN dan memperkuat program reformasi birokrasi, menyeimbangkan penambahan aparatur negara, menjaga tingkat kesejahteraan aparatur negara dan pensiunan, serta mereviuw kebijakan pensiun ASN, TNI/Polri.

Selanjutnya untuk konsep kenaikan pensiunan, BKN akan menyingkronkan data pensiunan PNS dan janda/dudanya dan memverifikasi/updating besaran kenaikan dengan PT Taspen sebagai persiapan pembayaran manfaat pensiun setelah RPP ditetapkan.

Baca Juga: GAJI PNS NAIK, TAPI INI SYARATNYA

Seperti diberitakan Topmetro News beberapa waktu silam, pemerintah mengadakan kunjungan kerja ke Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Di sana, Asman menyelipkan pesan khusus buat PNS.

PNS, diharapkan tak boleh bermalas malasan bertugas.

Lewat Kemenpan RB, pemerintah akan fokus membenahi kinerja PNS agar lebih menumbuhkan sikap melayani.

Pesan ini sangat ditekankan Asman karena ada alasan mendasarnya. Salah satunya, gaji para PNS kata dia sedang diperjuangkan untuk dinaikkan.

So, untuk PNS, TNI/Polri dan pensiunan, selamat ya!

Reporter: JEREMI TARAN

Related posts

Leave a Comment