Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung, 2 Februari Ditahbiskan

uskup agung medan

Topmetro News – Uskup Agung Medan, Mgr Kornelius Sipayung OFMCap punya motto hidup. “Deus Meus et Omnia.” Allahku dan Segalaku. Uskup Agung Medan yang penuh sejarah iman ini bakal ditahbiskan Sabtu (2/2/2019). Proses penahbisannya pun diperkirakan bakal dihadiri lebih dari 14.000 orang.

Uskup Agung Medan Putra Asli Bandar Hinalang, Simalungun

Dikutip dari samosirnews, Uskup Agung Medan, Mgr Kornelius Sipayung merupakan putra asli Bandar Hinalang Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun yang lahir 26 Agustus 1970 silam.

Sejarahnya, dia menjalani masa novisiat di Biara Kapusin Pematangsiantar dan mengikuti pendidikan di Seminari Menengah Christus Sacerdos, Pematangsiantar.

Selanjutnya dia menempuh studi lanjut di Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi (STFT) Santo Yohanes, Pematangsiantar.

Persis 22 Agustus 1998, Kornelius Sipayung mengucapkan kaul kekalnya sebagai anggota Ordo Kapusin dalam Provinsi Medan.

Mgr Kornelius Sipayung menerima Sakramen Imamat 11 Desember 1999 oleh Uskup Agung Medan, saat itu Mgr Pius Datubara, OFMCap.

Selanjutnya, menerima penugasan perdana di Paroki Santa Perawan Maria diangkat ke Surga, Kabanjahe, Kabupaten Karo.

Ikut Pelatihan di Beberapa Negara

Tahun 2002, Kornelius Sipayung ditugaskan untuk kembali menjalani studi dalam bidang teologi dogmatik di Universitas Kepausan Gregoriana, Roma dan juga mengikuti pelatihan bahasa Inggris di Brisbane, Australia.

Kembali ke Indonesia tahun 2005, dia menjadi formator di Seminari Tinggi Kapusin Pematangsiantar dan dosen teologi di STFT Santo Yohanes Pematangsiantar hingga 2015. sejak tahun 2015, dia terpilih menjadi Minister Provinsial Ordo Kapusin Medan.

Bangun Jaringan Kerjasama

Kini Kornelius berusia 48 tahun, anggota kolaborator dalam membentuk kerjasama jaringan antara Ordo Kapusin Provinsi Pontianak dan Medan, serta menjadi Kustodian untuk Sibolga dan Nias.

Hal serupa dilakukannya juga dalam kapasitasnya sebagai anggota di wilayah Asia-Pasifik dalam Konferensi Kapusin Asia-Pasifik (Pacific-Asia Capuchin Conference, PACC). Ia juga menjadi anggota Komisi Teologi dalam Konferensi Waligereja Indonesia.

Sipayung pun menjabat anggota Dewan Imam dalam Keuskupan Agung Medan dan menjadi Ketua Yayasan Harapan Jaya dan Caritas.

Nah, 8 Desember 2018 lalu, Paus Fransiskus memberi kepercayaan penuh kepada Kornelius Sipayung OFMCap menjadi uskup baru Keuskupan Agung Medan. So, selamat melayani Uskup!

Reporter: JEREMI TARAN

Related posts

Leave a Comment