You are here
SMSI Sumut Audiensi ke Mapolrestabes Medan Info Metro 

SMSI Sumut Audiensi ke Mapolrestabes Medan

topmetro.news – Pengurus SMSI Sumut (Serikat Media Siber Indonesia – Sumatera Utara), beraudiensi ke Mapolrestabes Medan, Jalan HM Said, Selasa (22/1/19).

Dalam kunjungannya, Pengurus SMSI Sumut disambut hangat oleh Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH SIK MSi. Kapolrestabes didampingi Kasat Intelkam Polrestabes Medan AKBP Masana Sembiring SSos.

Ketua SMSI Sumatera Utara Zulfikar Tanjung mengungkapkan, kedatangan mereka untuk menjalin silaturahim dengan Polrestabes Medan. Sekaligus membahas perkembangan media siber di Sumut, khususnya Kota Medan.

“Sejumlah pengurus yang hadir merupakan owner (pemilik-red) media siber,” ungkapnya didampingi Sekjen Erris Napitupulu, Wakil Ketua Bidang Organisasi Chairum Lubis SH, Penasehat Austin Tumengkol, dan pengurus lainnya.

Ikut juga dalam rombongan, Penasehat Rony Purba, Wakil Ketua Nico Adrian, Bendahara Irma Yuni, Wakil Sekretaris Agus Pratama, dan anggota Rizal Gultom.

Zulfikar mengutarakan, dibentuknya SMSI untuk menghempang keberadaan media online ‘abal-abal’ yang kini sudah menjamur di Sumut tanpa adanya legalitas perusahaan pers berkekuatan hukum sesuai peraturan Dewan Pers.

Sebab, menurutnya, saat ini banyak media siber yang hanya didirikan untuk kepentingan pribadi tanpa mengedepankan fungsi jurnalistik.

“Di sini kami ingin menyampaikan bahwa pemilik media siber yang tergabung dalam SMSI telah lulus verifikasi. Dan wartawannya telah lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dikeluarkan Dewan Pers,” tuturnya.

BACA JUGA: Persiapan SMSI Road To HPN 2019

SMSI Sumut Hempang Hoax

foto bersama
Usai audiensi, Pengurus SMSI Sumut (Serikat Media Siber Indonesia – Sumatera Utara) foto bersama dengan Kapolrestabes Medan – topmetro.news

Sedangkan Austin Tumengkol, menambahkan ke depannya SMSI dan media siber yang telah terverifikasi akan berperan membantu kepolisian memerangi berita hoax.

“Mengingat banyaknya media yang tidak jelas legalitasnya dalam menyampaikan informasi tanpa adanya konfirmasi,” sebut Austin.

Kapolrestabes Medan mengapresiasi terbentuknya SMSI Sumut dalam mencerahkan pengetahuan masyarakat tentang informasi yang baik sesuai fakta.

“Kehadiran SMSI Sumut sangat tepat menanggapi dinamika media siber khususnya dunia maya dalam menghempang berita hoax. Sebab, di era sekarang masyarakat menjadi individu yang mudah menyebarkan informasi secara umum tanpa adanya cover both sides dan konfirmasi,” ungkapnya.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH SIK MSi berharap, ke depannya SMSI juga akan memperkuat aturan-aturan kepada setiap pelaku jurnalistik yang dibentuk oleh Dewan Pers. Sehingga mencerdaskan warga negera.

“Mudah-mudahan dengan kehadiran SMSI dapat membentuk sikap jurnalis yang baik. Jurnalis merupakan profesi mulia yang harus kita jaga bersama,” pungkasnya.

reporter: Jeremi Taran

429 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment