3 Pendaki Gunung Tewas Meringkuk Kedinginan di Tenda

pendaki gunung tewas

Topmetro.News – Tiga pendaki gunung tewas masing-masing Ferdi Firmansyah (13), Lucky Parikesit (13) dan Agip Trisakti (15). Ketiga pendaki gunung itu ditemukan meregang nyawa di Gunung Tampomas, Sumedang, Jabar. Dugaan sementara tewas para pendaki gunung akibat menderita hipotermia.

Pendaki Gunung Tewas Dilapor ke Pos Pendakian

Ikhwal tiga remaja pendaki gunung tewas dengan kondisi meringkuk di tenda itu awalnya diketahui pendaki lainnya, Minggu (3/3/209).

Saksi lalu melaporkannya kepada pos pendakian.

Tim SAR gabungan selanjutnya dikerahkan untuk mengevakuasi para korban yang disebut-sebut berasal dari Indramayu itu.

Tewas Meringkuk Kedinginan

Saat ditemukan, benar ketiga korban dalam posisi meringkuk seperti menahan kedinginan di Pos 4 Gunung Tampomas.

“Dugaan sementara karena hipotermia. Saat ditemukan tubuh para korban seperti meringkuk menahan dingin,” kata Joshua Banjarnahor, Humas dan Protokoler Basarnas Kantor SAR Bandung seperti dikutip Topmetro.News dari spiritriau.

Ketiga korban ditemukan dalam kondisi pakaian yang basah akibat hujan.

Tidak ditemukan pakaian ganti atau jaket dalam barang bawaan ketiganya. Identitas juga luput dari barang bawaan ketiganya.

Menurut Joshua Banjarnahor, kondisi pakaian yang basah membuat ketiganya sangat mungkin mengalami hipotermia. Apalagi, saat itu angin di Gunung Tampomas cukup kencang.

“Mereka ala kadarnya pakai kaos dan celana. Gak bawa pakaian ganti, jaket atau sleeping bag.”

Selanjutnya tim SAR mengevakuasi jasad ketiganya menggunakan kantong jenazah dan tandu kayu dari puncak gunung. Jenazah ketiganya lalu dibawa ke RSUD Sumedang untuk ditindaklanjuti pihak kepolisian.

Menurut AKBP M Yoris, Kapolres Indramayu ketiganya merupakan warga Blok Kuang BTM, Desa Tugu Kidul, Kecamatan Sliyeg, Indramayu.

Mereka berangkat dari rumahnya masing-masing menuju Gunung Tampomas, Sabtu (2/3/209) pukul 06.00 WIB.

“Mereka pergi menggunakan satu unit motor Nopol E 5560 PAV.”

baca juga: TURIS ASAL JERMAN YANG HILANG DI GUNUNG SIBAYAK DITEMUKAN TEWAS TANPA BUSANA

Seperti diberitakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, turis warga negara Jerman, Wolter Klaus yang hilang selama sepekan ketika mendaki Gunung Sibayak, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, ditemukan tewas tanpa busana di kawasan air terjun dua warna Sibolangit, Kamis (29/6/2017) sore.

“Saat ini korban sedang dijemput oleh tim dari,” terang Camat Sibolangit Amos F Karo Karo.

Sebelumnya Wolter dilaporkan menginap di Hotel Internasional Sibayak melakukan pendakian ke Gunung Sibayak pada siang hari dan tak kembali hingga malam.

Related posts

Leave a Comment