Survei Konsep Indonesia: Jokowi-Ma’ruf 54,8% Vs Prabowo-Sandi 34,1%

survei konsepindo

topmetro.news – Lembaga survei Konsep Indonesia (Konsepindo Research and Consulting) merilis hasil survei elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden di Pemilu 2019. Hasilnya, pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin unggul dari rivalnya, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Survei dilaksanakan pada 17-24 Februari 2019 kepada 1.200 responden yang dipilih menggunakan multistage random sampling. Margin of error dalam survei ini plus-minus 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden diberi pertanyaan ‘seandainya pemilihan presiden dan wakil presiden dilakukan hari ini, pasangan mana yang bapak/ibu pilih?’ tanpa menggunakan simulasi kertas suara (top of mind).

“Ini top mind, artinya tidak dibantu dengan alat bantu. Hasilnya, Jokowi-Ma’ruf Amin 55 persen, Prabowo-Sandi 33,2 persen, dan yang tidak jawab, tidak tahu, mengatakan rahasia, dan belum memutuskan 11,8 persen,” kata Direktur Eksekutif Konsepindo Veri Muhlis Afiruzzaman di Millennium Hotel, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (13/3/2019).

Konsepindo juga melakukan survei dengan simulasi spesimen kertas suara. Hasilnya menunjukkan ada perbedaan dengan hasil survei top of mind.

“Simulasi pencoblosan diberikan spesimen kertas suara. Jokowi-Ma’ruf dipilih oleh 54,8 persen, turun 0,2 persen dari top mind. Prabowo-Sandi 34,1 persen dan undecided voters 11,1 persen. Jadi ada gap atau selisih antara keduanya sebesar 20,7 persen,” jelas Veri.

Berdasarkan hasil survei, kedua pasangan calon memiliki tingkat pengenalan sangat tinggi, yaitu di atas 90 persen. Jokowi dikenal oleh 98,8 persen responden, Prabowo dikenal oleh 97,3 persen responden, Ma’ruf dikenal oleh 92,3 responden, dan Sandiaga dikenal oleh 91,7 persen.

Berikut ini elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi berdasarkan survei Konsepindo:

Tanpa simulasi kertas suara
Jokowi-Ma’ruf 55,0 persen
Prabowo-Sandi 33,2 persen
Undecided voters 11,8 persen

Menggunakan simulasi kertas suara
Jokowi-Ma’ruf 54,8 persen
Prabowo-Sandi 34,1 persen
Undecided voters 11,1

sumber | detikcom

Related posts

Leave a Comment