Debat Capres tak Dilarang Gunakan Gadget dan Catatan

debat keempat

topmetro.news – Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak melarang Calon Presiden 01 Joko Widodo dan Calon Presiden 02 Prabowo Subianto membawa gadget, alat tulis dan catatan selama pelaksanaan debat keempat di Hotel Shangri-La, Jakarta, pada hari ini, Sabtu (30/3/2019).

“Menurut tata aturanya boleh. Jadi KPU mempersilakan kandidat membawa data, catatan, begitu kan bisa dalam bentuk apa pun. Bisa kertas, bisa tab. Tak ada yang melarang,” ujar Wahyu di Jakarta, Sabtu (30/3/2019).

KPU, kata Wahyu juga telah bersepakat dengan timses paslon soal tata aturan debat. Salah satunya disepakati bahwa kandidat diperkenankan membawa alat tulis, catatan dan data yang diperlukan.

BACA JUGA | KPU Tak Lagi Undang Menteri di Debat

Browsing Saat Debat Keempat

Terkait kandidat yang nanti bisa menggunakan gadget untuk browsing di internet, Wahyu beranggapan publik nanti yang akan menilai kandidat bersangkutan. “(Kalau ada) biar publik yang menilai,” tandas Wahyu.

Selain memperbolehkan kandidat membawa alat tulis, catatan dan data, KPU dan timses sepakat agar Jokowi dan Prabowo tidak boleh menyerang personal dan memotong pembicaraan kandidat lain yang sedang bicara. Juga dilarang membawa atribut apa pun yang memprovokasi kandidat lain maupun pendukung serta bertanya di luar tema debat.

BACA JUGA | Hendropriyono: Pemilu Kali Ini yang Berhadapan Ideologi Pancasila dengan Khilafah

Debat keempat ini akan mempertemukan Capres 01 Jokowi dan Capres 02 Prabowo Subianto. Debat ini diselenggarakan di Hotel Shangri-La, Jakarta, pada hari ini, Sabtu (30/3/2019).

Ada pun tema debat malam nanti adalah ideologi, pemerintahan, keamanan, dan hubungan internasional. Debat akan disiarkan secara langsung oleh Metro TV, SCTV, dan Indosiar. Serta dipandu oleh dua moderator, Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi.

sumber | beritasatu.com

Related posts

Leave a Comment