Jalinsum Siantar-Simalungun Amblas, tak Bisa Dilalui

Jalinsum Siantar-Simalungun

Topmetro.News – Jalinsum Siantar-Simalungun persisnya di Tanah Jawa amblas alias putus total. Hal itu dipicu lantaran hujan deras yang mengguyur wilayah Siantar dan Kabupaten Simalungun, Minggu (31/3/2019). Tak pelak lagi Jalan Lintas Sunatera (Jalinsum) Siantar-Simalungun (Tanah Jawa) di Kilometer 8-10 Nagori Marubun Jaya, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun terputus.

Jalinsum Siantar-Simalungun
foto: tobatabo

Jalinsum Siantar-Simalungun Putus, Cek Jalan Alternatif

Sarina, Pangulu Marubun Jaya mengatakan bencana alam tersebut terjadi, untuk yang kedua kalinya. Kejadian pertama sekitar tahun 2017 lalu.

“Kejadian tadi jam 5 sore dan ini kejadian yang kedua kalinya, dan untuk saat ini, kita minta kepada masyarakat agar waspada karena kondisi jalan masih sangat rawan,” ujar Sarina seperti dikutip dari tobatabo.

Menurut keterangan warga, longsor terjadi karena pasca curah hujan tinggi yang mengakibatkan debit air di saluran aliran air di PTPN lV Nagori Marubun Jaya Kecamatan Tanah Jawa meluap.

Derasnya aliran air mengakibatkan rutuhnya tembok penaham yang dibuat pasca insiden longsor yang pertama.

“Setelah hujan deras tadi, debit air meninggi dan arusnya deras, tak berapa lama langsung longsor dan tembok penahan yang dibangun pas kejadian pertama tumbang,” ujar Adi.

Namun kali ini, terjadinya longsor sangat parah hingga mengakibatkan, badan jalan putus dan jalur lintas lumpuh total.

Sementara itu, petugas, Kepolisian Polsek Tanah Jawa, personil Korami Tanah serta Perangkat Desa, tampak melakukan pengamanan di sekitar lokasi longsor.

AKBP Marudut Liberty Panjaitan .S.I.K., M.H, Kapolres Simalungun mengimbau agar warga menggunakan jalur alternatif yakni dari arah Pematangsiantar, Pasar Baru simpang empat kanan tembus ke Lapangan Sepak Bola Blok X ke Simpang Saropa.

Info seputar jalinsum Siantar-Simalungun itu sebelumnya sudah ramai tersebar luas di media sosial seperti grup WhatsApp.

Reporter | JEREMITARAN

Related posts

Leave a Comment