Walau Sudah Diet Penyebab Berat Badan Tak Kunjung Turun, Ini Penyebabnya

TOPMETRO.NEWS – Berbagai cara diet dengan mengurangi karbohidrat, mengurangi asupan garam hingga diet golongan darah sudah pernah Anda jalani. Tujuannya memiliki tubuh dengan berat ideal dan sehat, angka di timbangan justru tak berubah sejak awal. Mengapa terjadi demikian?

Menjelaskan, bisa jadi diet yang Anda jalani kurang tepat untuk metabolisme tubuh Anda. Hal ini dibuktikan oleh riset yang dilakukan di Israel 2015 lalu. Sekitar 800 partisipan menjalani diet secara bersamaan dan hasilnya tak semuanya memiliki penurunan berat badan yang sama.

Karenanya, cobalah untuk berkonsultasi dengan ahli gizi sebelum menjalani diet, ketimbang mencoba berbagai diet tanpa hasil. Jadi, jangan heran bila diet yang dilakukan bersamaan dengan sahabat bisa membuatnya sukses turunkan delapan kilogram bobot tubuhnya tapi tidak demikian dengan Anda.

Sebab lainnya, bisa juga dikarenakan pilihan makanan Anda yang kurang tepat. melansir, ketika sedang menjalankan diet biasanya seseorang cenderung akan memilih makanan yang lebih ringan dan tidak mengenyangkan.

Padahal, hal ini justru akan memacu yang mengirim sinyal ke tubuh untuk bekerja lebih lambat karena tubuh kekurangan asupan makanan. Solusinya, makanlah makanan sehat dalam jumlah yang cukup agar kebutuhan gizi tubuh terpenuhi.

Selain itu, makan makanan tinggi protein juga penting bagi tubuh. Sayangnya, kebutuhan ini kadang tidak disadari ketika melakoni diet. Protein yang masuk ke tubuh akan membuat tubuh merasa puas, lalu protein juga lebih bisa bekerja membantu tubuh mencerna makanan dan beraktivitas ketimbang karbohidrat dan lemak.

Pamela Wartian Smith, MD, penulis buku Why You Can’t Lose Weight menuturkan pada bahwa idealnya seseorang membutuhkan asupan protein sesuai dengan berat badannya. Sebagai contoh, rata-rata perempuan membutuhkan sekitar 40 hingga 80 gram protein setiap harinya.

Jika semua gizi sudah terpenuhi, jangan lupa juga untuk banyak mengonsumsi air putih. Selain menghidrasi, minum air juga dapat membantu menurunkan berat tubuh. Mengonsumsi air putih sebelum makan dapat membantu membuat perut terasa kenyang sehingga jumlah makanan yang Anda santap bisa lebih terkontrol. Bisa juga menggantinya dengan sayur buah-buahan yang mengandung banyak air.

Lalu untuk menjaga tubuh tetap bugar dan kalori terbakar secara teratur, khususnya bagi Anda pekerja kantoran yang menghabiskan hari dengan duduk di depan komputer. Berjalan selama beberapa menit saja bisa membantu tubuh melancarkan sistem metabolisme tubuh dan membuat diet berjalan sukses.(TMN)

Related posts

Leave a Comment