Aduh! Sumut dan Jabar Provinsi Terbanyak Kasus Politik Uang di Pemilu 2019

kasus politik uang di pemilu 2019

topmetro.news – Sumatera Utara (Sumut) dan Jawa Barat (Jabar) merupakan provinsi dengan tangkapan terbanyak, dalam kasus politik uang di masa tenang Pemilu 2019. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, mencatat ada 25 kasus politik uang yang terjadi sejak memasuki masa tenang Pemilu 2019, pada 14 April hingga 16 April 2019. Perkara itu tersebar di seluruh 13 provinsi dan 25 kabupaten/kota di Indonesia.

“Dalam patroli tersebut, pengawas Pemilu menangkap tangan peserta pemilu dan tim pemenangan yang diduga sedang memberi uang kepada masyarakat untuk mempengaruhi pilihannya,” kata Komisioner Bawaslu RI, Mochammad Afifuddin di Bawaslu RI, Jakarta Pusat, pada Selasa (16/4/2019).

Afif menyebut, provinsi dengan tangkapan terbanyak adalah Jawa Barat dan Sumatera Utara dengan kasus sebanyak lima kasus. Penangkapan dilakukan atas koordinasi pengawas pemilu bersama dengan pihak kepolisiaan.

“Temuan uang paling banyak didapat di Kecamatan Tigabinanga, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara dengan jumlah uang Rp190 juta. Lokasi praktik politik uang yang ditemukan di antaranya di rumah penduduk dan di tempat keramaian seperti di pusat perbelanjaan,” ujarnya.

Kata Afif, barang bukti yang ditemukan beragam jenisnya, mulai dari uang, deterjen, hingga sembako.

“Kegiatan dilakukan dengan berbagai metode pengawasan, seperti mengelilingi kampung mengkampanyekan tolak politik uang kepada masyarakat,” katanya.(TMN)

sumber:okezone.com

Related posts

Leave a Comment