Beredar Foto C1 Berisi Dugaan Penggelembungan Suara di Asahan

penggelembungan suara

topmetro.news – Beredar sebuah foto berisi penggelembungan suara untuk Partai Golkar di salah satu TPS di Asahan. Informasi itu disampaikan salah seorang caleg yang merasa dirugikan dengan temuan itu.

Tidak jelas, apakah penggelembungan itu karena kesalahan tulis, atau karena kesengajaan.

Tapi dalam foto itu ada tulisan ‘Komisi Pemilihan Umum’. Lalu dalam gambar itu, jelas terlihat, bahwa jumlah suara Partai Golkar di TPS itu adalah 17. Namun dalam lembaran C1 di foto, bertambah angka 1 (satu) di depan, sehingga menjadi tertulis 117.

Hal ini pun menjadi perhatian caleg lainnya, salah satunya yang menyampaikan informasi ini. Dia pun memprotes hal itu dan minta agar dilakukan pemeriksaan dan koreksi.

“Ini namanya tak jujur. Golkar suara 17, katanya 117. Jauh lebih tinggi suaraku dari orang ini semua,” tandas caleg dari Dapil Sumut 5 untuk DPRD Sumut itu.

Caleg PKPI yang enggan namanya disebut itu pun minta agar pihak KPU setempat melakukan pemeriksaan terkait temuan itu. “Harus dilakukan pemeriksaan. Supaya semuanya jelas. Apakah memang itu terjadi atau tidak, semua tentunya ingin tahu,” tandasnya.

“Kalau memang salah tulis, secepatnya diperbaiki,” tutupnya.

Foto berisi penjumlahan perolehan suara itu diduga berasal dari TPS 02 Sei Rengas Kisaran Barat. Dan foto diduga penggelembungan suara itu sudah tersebar di medsos, termasuk WA Group.

berbagai sumber

Related posts

Leave a Comment