You are here
Ini Dia Resep Membuat Roti Jala Dengan Berbagai Macam Kreasi yang Lezat Travel & Wisata 

Ini Dia Resep Membuat Roti Jala Dengan Berbagai Macam Kreasi yang Lezat

topmetro.news – Roti jala merupakan salah satu penganan tradisional khas melayu. Penganan ini dinamakan dengan roti jala karena bentuk rotinya yang tipis, berongga atau berlubang-lubang seperti sebuah jala atau jaring yang biasa dipakai para nelayan untuk menangkap ikan.

Roti jala ini populer di daerah Sumatera Utara, Riau, Aceh, Semenanjung Malaysia serta Negara Singapura. Walaupun sebenarnya roti jala berasal dari India. Di India roti jala dikenal dengan sebutan Roti Prata.

Roti jala memiliki rasa yang enak, tampilannya unik dan berbeda dengan roti pada umumnya. Sehingga membuat roti jala terkenal diberbagai wilayah Indonesia maupun di luar negeri bahkan hingga Timur Tengah. Roti jala sering kali disajikan dengan kuah kari seperti Kuah Kari Ayam, Kari Domba, Kari Sapi maupun kari kambing. rasa kuah kari yang spicy dan pedas membuat lidah ikut bergoyang.

Sebagai pelengkap, terkadang Roti Jala disajikan dengan acar. Dari acar mentimun maupun acar nanas/nenas yang segar dengan ciri khas sedikit asam lezat. di daerah Melayu Roti Jala seringkali disajikan diberbagai acara special dan acara adat, seperti acara pernikahan, hari raya seperti Idul Fitri, arisan maupun acara keluarga.

Pada kesempatan kali ini saya bagikan tiga resep roti Jala dengan bumbu tradisional indonesia yang enak dan mudah dibuat serta resep Kari dengan kuah karinya yang kental, pedas dan lezat.

Resep membuat roti jala kuah kari ayam

Bahan Bahan

– Telur 2 butir (kocok sebentar)

– Tepung terigu 250 gram

– Garam 1/2 sendok teh

– Santan atau air sebanyak 500 mili liter/cc

– Minyak 1 sendok makan atau bisa juga diganti mentega cair 1 sendok makan

Roti jala

Cara membuat

Langkah pertama campur tepung, garam dan telur. Kemudian aduk rata sambil dituangi santan dengan sedikit demi sedikit hingga licin. Saring bila perlu untuk membuang butiran-butiran kecil. masukkan minyak, aduk kembali hingga rata.

Selanjutnya masukan adonan ke dalam wadah cetakan roti jala atau plastik segitiga. Panaskan wajan anti lengket lalu semprotkan adonan diatas dengan gerakan membentuk jala/jaring/renda. tunggu hingga matang kurang lebih sekitar 1 hingga 2 menit dengan menggunakan api kecil.

Setelah itu lipat kue jala (bisa menjadi bentuk segitiga atau lipat sisi kiri dan kanan ke tengah lalu digulung seperti Kue Dadar Gulung Atau pun Telur Dadar Gulung). angkat, sisihkan.

Bahan Bahan Kari Ayam

– Ayam 1 ekor (potong jadi 8 bagian atau sesuai selera)

– Air jeruk nipis atau air asam 1 sendok makan

– Garam 1 sendok teh

– Bawang merah 3 buah (iris tipis)

– Kayu manis 3 centimeter

– Bunga lawang 1 buah

– Cengkih 2 buah (bisa pakai bisa tidak)

– Kapulaga 2 buah

– Serai 1 batang (memarkan)

– Daun salam koja 5 lembar

– kelapa sangrai 3 sendok makan (tumbuk)

– Santan 500 mili liter dari 1 1/2 butir kelapa, (bila ingin lebih gurih dan sedap disarankan pakai 700 mililiter santan sedang dan 300mili liter santan kental)

– Lengkuas 3 centi meter (memarkan)

– Minyak 3 sendok makan (digunakan untuk menumis)

Bumbu Halus

– Kemiri sangrai 3 buah

– Ketumbar 1 sendok makan

– Jintan 1 sendok teh (sangrai)

– Adas manis 1 sendok makan

– Pala 1/8 buah atau 2 sendok teh pala bubuk

– Cabai merah 10 buah (jika suka pedas silahkan tambahkan sesuai selera)

– Bawang merah 8 butir

– Bawang putih 5 siung

– Kunyit cincang 1 sendok teh atau 2 sendok teh kunyit bubuk

– Jahe 5 centi meter/seruas jari

– Garam 1 sendok makan (atau sesuai selera)

Bumbu tambahan

– Bubuk Cabai kering 2 sendok teh

– Bubuk kari 2 sendok makan

– Cabai rawit 10 buah (haluskan)

Cara membuat kuah Kari ayam

Lumuri ayam dengan air jeruk atau air asam dan garam. diamkan selama 15 menit.

Tumis irisan bawang merah hingga layu, masukkan bumbu halus, rempah-rempah, serai, daun salam dan ayam yang sudah dipotong-potong. aduk hingga ayam kaku. lalu tuangi santan sedang dan kelapa tumbuk. aduk rata.

Setelah itu masak terus sambil sekali-kali diaduk hingga ayam benar-benar matang. tambahkan santan kental. lalu masak hingga kuah mendidih dan ayam benar-benar matang atau bisa juga hingga kuah mengental dan berminyak.

Roti jala siap dihidangkan dengan kari ayam selagi hangat.

Resep membuat roti jala kuah kari daging sapi

Roti jala kuah kari sapi juga tak kalah enaknya dengan aneka roti jala pelengkap lainnya. Roti ini sangat sedap disantap sambil dicelup di tersebut.

Bahan-bahan Roti Jala

– 300 gram tepung terigu

– 500 ml santan encer dari 150 gram kelapa parut

– 4 butir telur

– 4 sdm minyak sayur

– 1 sdt garam

– Margarin secukupnya untuk olesan

Cara membuat

1. Campur dan aduk rata terigu dan garam dalam sebuah wadah, sisihkan dalam wadah lainnya, kocok telur hingga rata (gunakan whisk agar lebih gampang), lalu tuangkan santan dan minyak sayur, aduk hingga rata. Masukkan campuran terigu dan garam tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga benar-benar rata, selanjutnya saring agar adonan tidak ada yang menggumpal.

2. Masukkan adonan ke dalam wadah roti jala, plastik segitiga atau menggunakan botol plastik dan lubangi tutupnya sebesar sedotan kecil air gelas mineral, supaya nantinya bisa membentuk jala yang cantik saat adonan dituangkan.

3. Panaskan teflon atau wajan anti lengket di atas api kecil, olesi tipis dengan margarin. Tuang adonan secara horisontal, vertikal dan diagonal serta melingkar-lingkar atau acak sesuai selera yang penting membentuk jala. Setelah adonan matang, lipat berbentuk segitiga atau dengan bentuk menurut selera.

Bahan-bahan kuah kari sapi

– 250 gram daging sapi

– 1,5 liter air untuk merebus daging

– 600 ml santan dari 1 butir kelapa

– 2 lembar daun salam

– 2 lembar daun jeruk

– 2 buah kapulaga

– 4 butir cengkeh

– 5 cm kayu manis

– 1 buah pekak (bunga lawang)

– 1/2 sdt pala bubuk

– 1 sdt gula pasir

– 1/2 sdt garam

– Minyak untuk menumis

Bumbu halus :

– 6 buah cabe merah keriting

– 6 butir bawang merah

– 3 siung bawang putih

– 4 butir kemiri

– 4 cm jahe

– 4 cm kunyit

– 1 sdt adas manis

– 1/2 sdt jinten

– 1 sdm ketumbar

Cara membuat Kuah

1. Cuci bersih daging sapi kemudian rebus dengan 1,5 liter air hingga empuk. Angkat dan tiriskan daging sapi lalu potong-potong dadu, sisihkan air rebusan untuk kuah kaldu.

2. Panaskan sedikit minyak dan tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan potongan daging beserta 500 ml kuah kaldu, masukkan juga daun salam, daun jeruk, kapulaga, cengkeh, kayu manis, pekak dan pala bubuk, serta aduk rata.

3. Setelah mendidih, tuangkan santan lalu masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih kembali. Tambahkan garam dan gula, aduk sesekali dan masak hingga matang. Roti jala sudah siap disajikan bersama kuah karinya.

Bagi Anda penyuka daging kambing dibawah ini kami akan memberikan resep cara membuat roti jala dengan kuah Kari Kambing yang lezat.

Resep membuat roti Jala kuah kari daging kambing

Roti jala

Bahan-bahan

– 600 gr daging kambing muda, bersihkan, potong dadu

– 850 ml santan cair

– 250 ml santan kental

– 2 sdm margarin, untuk menumis

– 6 butir cengkih

– 3 butir bunga lawang

– 2 butir pekak

– 3 batang serai, ambil bagian putih, memarkan

– 3 lembar daun salam

– 5 lembar daun jeruk

Bumbu Halus

– 12 buah cabai merah keriting

– 12 buah bawang merah

– 6 siung bawang putih

– 5 butir kemiri

– 2 cm jahe

– 1,5 cm kunyit

– Garam secukupnya

– 1 sdt gula pasir

Cara Membuat

Panaskan margarin, tumis cengkih, bunga lawang, pekak, serai, daun salam dan daun jeruk hingga harum. Tambahkan bumbu halus, tumis hingga harum.

Masukkan daging kambing, aduk hingga daging berubah warna, kemudian tuang santan cair. Masak hingga santan mendidih dan daging setengah matang.
Terakhir, tuang santan kental. Aduk dan kecilkan api pemasak. Masak hingga matang. Angkat. Sajikan kari kambing dengan roti canai dan roti pita.

Resep membuat Roti Jala Manis

Roti Jala dapat dikreasikan dengan berbagai toping rasa manis yang terkenal dengan sebutan Roti Jala Manis. untuk toping Roti Jala manis anda bisa menggunakan toping seperti susu kental manis putih/cokelat, madu, saus strawberry, meses, saus coklat, selai kacang hijau, vla susu, selai kacang, sirup maple dan lain sebagainya.

Di bawah Ini Kami Berikan Resep Roti Jala Kuah Durian

Bahan-bahan Kuah Durian

– Daging buah durian 200 gram

– Santan 300 mili liter (dari 1/2 butir kelapa)

– Gula merah 100 gram (sisir halus)

– Gula pasir 50 gram

– Garam 1/4 sendok teh

– Daun pandan 2 lembar

Cara membuat kuah

Roti jala

Pertama-tama masak santan, gula dan garam hingga mendidih. lalu saring.
Setelah itu masak lagi bersama daun pandan dan daging buah durian sambil diaduk-aduk hingga mendidih.
Saus durian siap dihidangkan bersama roti jala, ehmm yuumii.
Bahan-bahan dan cara membuat Kuah Durian Roti Jala Manis ini memang hampir mirip dengan kuah kinca serabi. cuma bedanya kuah kinca atau saus gula biasanya tidak menggunakan santan. Kalau suka dengan kuah nangka, buah durian diganti dengan potongan buah nangka yang dipotong-potong dadu kecil.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai cara membuat roti jala yang mudah dengan empat macam variasi yang gurih, sedap, pedas ataupun manis. Semoga bermanfaat.

Penulis| Herryansyah

Dari berbagai sumber

650 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment