Menang di Assen, Vinales Beri Trofi Pertama Yamaha Musim ini

Maverick Vinales

topmetro.news – Maverick Vinales meraih kemenangan pertamanya dan juga trofi pertama untuk Yamaha musim ini setelah memenangi pertarungan sengit melawan juara dunia Marc Marquez dan rookie Fabio Quartararo di Assen, Minggu (30/6/2019).

Balapan diawali dengan duo Suzuki memimpin start, Alex Rins di depan rekannya Joan Mir. Namun, harapan tinggi tim tersebut buyar setelah Rins jatuh di tikungan 9 putaran ketiga.

Gantian Salah

Tak lama kemudian, giliran Mir melakukan kesalahan dan membuat pembalap Yamaha SRT Quartararo mampu memimpin. Dibuntuti Vinales dan Marquez. Ketika Vinales melebar, Marquez naik posisi kedua dan terus menekan Quartararo.

Rookie asal Prancis itu terlihat kesulitan dengan motornya, yang terguncang beberapa kali di lintasan lurus. Dan Marquez akhirnya mampu menyalipnya di tikungan 6.

Sayangnya, Marquez juga membuat kesalahan tak lama kemudian. Sehingga Quartararo kembali terdepan.

Sampai saat itu Vinales masih mengekor Marquez tetapi belum cukup dekat untuk melakukan manuver. Kemudian, satu lagi kesalahan Marquez membuat Vinales mampu mengambil kesempatan dan mulai menyerang Quartararo.

Si pembalap satelit Yamaha masih kesulitan dengan guncangan motornya. Sehingga Vinales mampu menyalipnya dengan mudah. Quartararo akhirnya juga tidak berdaya dilibas Marquez dan makin kesulitan menjaga jarak dengan dua lawan di depannya.

Vinales sempat membuat kesalahan yang segera dimanfaatkan Marquez. Tetapi cepat kembali memimpin di tikungan 13. Setelah itu dia mampu memperlebar jarak menjadi setengah detik dari si pembalap Honda.

BACA | Erick Thohir Menjadi Anggota IOC

Urutan Finis

Marquez akhirnya menghentikan perlawanannya dan Maverick Vinales menyentuh garis finis pertama. Ini kemenangan dia dan Yamaha yang pertama sejak Grand Prix Australia tahun lalu.

Dengan finis kedua, Marquez sudah tujuh kali menapak podium dari delapan balapan. Dia pun mampu menambah jarak di puncak klasemen menjadi 44 poin atas pembalap Ducati Andrea Dovizioso.

Quartararo terpaut 9,7 detik dari juara, tetapi masih mampu merebut podium terakhir. Dua kali beruntun dia finis di tiga besar. Dovizioso finis keempat. Sementara rekannya Danilo Petrucci disalip pembalap Yamaha SRT Franco Morbidelli di putaran terakhir untuk merebut posisi kelima.

Pembalap LCR Honda Cal Crutchlow finis ketujuh di depan Mir. Jack Miller (Pramac Ducati) berada di urutan sembilan. Sementara Andrea Iannone (Apprilia Gresini) di posisi sepuluh.

Valentino Rossi lagi-lagi terjatuh. Kali ini akibat tabrakan dengan Takaaki Nakagami di tikungan 8. Si pembalap Jepang harus dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan medis lebih lanjut.

sumber | beritasatu

Related posts

Leave a Comment