Massa Aksi 313 Berdatangan, Pemerintah Siagakan Ambulans & Satpol PP

TOPMETRO.NEWS – Massa peserta Aksi 313 yang rencananya hari ini menggelar aksi demo terus berdatangan ke area Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Akibatnya arus lalu lintas di sekitar lokasi masjid mulai macet.

Seperti dikutip dari detik sesaat lalu, arus lalu lintas di Jalan Perwira hingga Jalan Banteng Barat yang mengarah ke Jalan Juanda mulai dipadati kendaraan, baik kendaraan pribadi, maupun bus yang mengantar rombongan memasuki Masjid Istiqlal. Polisi sudah bersiaga untuk mengatur lalu lintas.

Beberapa pedagang sempat memakan satu lajur jalan di depan Masjid Istiqlal. Namun, petugas Satpol PP mencoba menertibkan para pedagang agar tidak berjualan di pinggir jalan.

Sementara itu, massa masih terus berdatangan di area masjid. Pedagang di area masjid yang menjual aksesoris 313, jajanan dan lain sebagainya juga sudah membuka lapaknya sejak pagi hari tadi.

Rencananya kegiatan yang digagas Forum Umat Islam (FUI) ini akan dimulai dengan salat Jumat berjemaah di Masjid Istiqlal disusul dengan aksi long march ke Istana Kepresidenan.

Sekadar diketahui, aksi ini memiliki tuntutan untuk mencopot Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dari jabatannya karena telah berstatus sebagai terdakwa kasus dugaan penodaan agama.

Sementara itu Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengimbau agar aksi 313 bisa berjalan aman. Untuk itu berbagai antisipasi pengamanan disiapkan.

Usai berkoordinasi dengan personel Polri, Sumarsono menyampaikan Jakarta pihaknya sudah siap menyambut kedatangan para peserta aksi di kawasan Monas. Fasilitas untuk peserta aksi yang menyampaikan aspirasi diwujudkan dalam bentuk pengamanan.

“Atas saran Pak Kapolri dan Kapolda ada 1.500 satpol PP di sejumlah titik. Ambulans 10 dengan 10 orang tim setiap unit jadi ada 100 disiapkan. Mulai dari Monas, DPR, Istiqlal dan seterusnya,” terangnya. (det-editor3)

Related posts

Leave a Comment