Coba Kelezatan Ayam Tangkap dengan Nasi Briyani Kaya Rempah

TOPMETRO.NEWS – Bagi pecinta menu Timur Tengah dan Asia pasti sudah sering mendengar menu Nasi Briyani. Biasanya nasi ini dihidangkan dengan menu kari. Ternyata tak hanya di Timur Tengah, Nasi Briyani juga menjadi menu favorit orang Malaysia.

Di Malaysia, biasa disantap oleh masyarakat muslim Melayu. seperti dikutip dari jawapos.com, sering juga disantap dengan daging atau ayam bumbu rempah lainnya. Nasi Briyani kaya dengan rempah-rempah, daging, ikan, telur dan sayuran. Di Timur Tengah nasinya menggunakan nasi khusus seperti beras Basmati.

Bumbu yang paling khas yaitu ghee, cengkeh, jintan, dan kapulaga. Orang Malaysia juga sering menyebutnya Nasi Beriani, Biryani Nasi, dan Nasi Briani. Belum disantap, nasi ini sudah menggoda dengan aromanya yang khas.

Di Indonesia, Nasi Briyani dimodifikasi oleh resto Uncle K. Kali ini, menu Nasi Briyani disajikan bersamaan dengan Ayam Tangkap. Ayam Tangkap merupakan makanan khas asal Aceh dengan cita rasa bumbu rempah.

Uniknya Ayam Tangkap disajikan dengan berbagai jenis daun yang digoreng renyah dan bisa dimakan. Nasi yang digunakan juga beras lokal dari tanah air.

“Kalau Nasi Briyani di Malaysia sering disantap oleh keturunan Melayu-India. Lalu kami hidangkan dengan Ayam Tangkap sehingga pas sebagai menu bercita rasa Melayu,” kata Manager Operasional Uncle K di Margo City Wong Twen Hwie, kemarin.

Uncle K membuat Nasi Briyani dan Ayam Tangkap semakin lezat dengan tambahan ekstra topping kacang mete. Campuran kismis juga menambah cita rasa menu ini menjadi salah satu menu favorit.

“Jadi memang rasanya ada gurihnya, rempahnya, dan manis dari kismis. Semua tercampur jadi satu,” ungkapnya.(TMN)

Related posts

Leave a Comment