Panglima TNI Tinjau Latihan Angkasa Yudha di Lumajang

Latihan Angkasa Yudha

Topmetro.News – Latihan Angkasa Yudha dikunjungi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. Kunjngan Latihan Angkasa Yudha, Rabu (24/7/2019) itu didampingi Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M. dan Pangkostrad Letjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H. Mereka melihat dari dekat puncak Latihan Angkasa Yudha 2019 TNI Angkatan Udara di Pandanwangi, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Latihan Angkasa Yudha2
foto kiriman | puspen TNI

Latihan Angkasa Yudha Puncak Latihan TNI AU

Sekadar diketahui Latihan Angkasa Yudha merupakan latihan puncak TNI AU, sebagai akumulasi dari berbagai latihan yang dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut. Latihan ini bertujuan untuk menguji tingkat kesiapan operasional satuan-satuan di jajaran TNI AU mulai dari tingkat Kotama Operasi sampai dengan satuan setingkat Lanud dan Skadron dengan berbagai unsur kekuatannya.

foto kiriman | puspen TNI3
foto kiriman | puspen TNI

Gelar Serangkaian Manuver Demo

Dalam skenario puncak latihan kali ini, TNI AU menggelar Fire Power Demo atau demo penembakan udara di Air Weapon Range (AWR). Fire Power Demo merupakan demo penembakan dilakukan secara langsung yang diikuti oleh sejumlah Alutsista milik TNI AU antara lain 42 pesawat tempur, 12 pesawat angkut, 5 helikopter, dan 2 pesawat intai serta lebih dari 2.000 prajurit TNI AU terlibat dalam demo penembakan udara ini.

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di hadapan awak media mengatakan Latihan Angkasa Yudha 2019 kegiatan bertujuan menampilkan kekuatan dan kemampuan daya gempur udara sebagai wujud kesiap-siagaan operasional satuan TNI AU. Angkasa Yudha Tahun 2019 pada hakikatnya merupakan puncak dari berbagai latihan Komando Utama (Kotama) TNI AU.

“Fire Power Demo adalah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam Takjuk Angkasa Yudha 2019 adalah bagian dari akumulasi latihan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut. Latihan angkasa Yudha tahun 2019 dilaksanakan meliputi Latihan Posko, Manuver Lapangan dan Fire Power Demo,” ujarnya.

Uji Doktrin Swa Bhuwana Paksa

Panglima TNI juga mengatakan skenario dalam kegiatan ini semua diarahkan dalam rangka uji doktrin Swa Bhuwana Paksa yang sebentar lagi akan ditandatangani oleh Kepala Staf Angkatan Udara.

“Ada beberapa manuver tadi yang baru saja kita saksikan adalah bagian dari uji doktrin itu,” ucapnya.

Selanjutnya disampaikan Latihan Angkasa Yudha baik dari pasukan darat dan pasukan udara yang terdiri dari pesawat tempur, pesawat angkut dan pesawat helikopter termasuk pasukan darat dalam melakukan manuver penembakan serta para fighter melakukan penembakan dari udara, seluruh target 98 % hancur.

“Artinya bahwa prajurit TNI Angkatan Udara telah memiliki profesionalisme yang tinggi dan mampu mengoperasikan seluruh Alutsista yang dimiliki,” tutupnya.

baca juga | TIM MABES TNI AD AKAN TINJAU PROGRAM FISIK TMMD KE-105 DI DESA LADANG PARIS

Seperti dilansir Topmetro.News sebelumnya, program Fisik TMMD, tim Pengawas dan Evaluasi dari Markas Besar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Mabes TNI AD) akan meninjaunya secara langsung. Sekadar diketahui Program Fisik TMMD ke-105 Kodim 0415/Batanghari digelar di Desa Ladang Peris, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, Jambi, yang masih berlangsung.

Hal itu disampaikan Dansatgas TMMD ke-105 tahun 2019 Letkol Inf Widi Rahman, S.H., M.Si. yang sehari-hari menjabat sebagai Dandim 0415/Batanghari saat melakukan pertemuan dengan Ketua Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI) Provinsi Jambi, Nugroho Kusumawan di Makodim 0415/Batanghari di kawasan Jelutung, Kota Jambi, Senin (22/7/2019).

“Guna mengawasi pelaksanaan kegiatan tersebut, direncanakan Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) dari Mabes TNI AD akan datang pada tanggal 24-26 Juli 2019 mendatang, dipimpin Mayjen TNI Arif Susilo (Kasahli Kasad) beserta satu orang pendamping atas nama Letkol Arm Budi Wahyono S.H. (Pabandya 2/Anev),” kata Letkol Inf Widi Rahman sebagaimana dikatakan dalam siaran persnya.

reporter | jeremitaran

kiriman | Puspen TNI

Related posts

Leave a Comment