3 Khasiat Jamu Bagi Tubuh

mengonsumsi jamu

topmetro.news – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku selalu minum jamu setiap pagi sebelum beraktivitas. Dalam akun Instagramnya @jokowi mengunggah video #JKWVLOG ‘Bugar dengan Jamu’, yang diunggah pada Selasa (23/7/2019). Dalam video tersebut, Jokowi mengaku telah mengonsumsi jamu selama 18 tahun.

Jokowi telah mengonsumsi jamu sebelum dirinya menjadi Walikota Surakarta, Gubernur DKI Jakarta dan kepala negara seperti sekarang ini. Jokowi mengaku, jamu membuat tubuhnya bugar.

BACA | Stop..!!! Jangan Makan Saat Stres, Bisa Bikin BB Naik, lho

Dalam video tersebut, Jokowi menyebut jamu yang dikonsumsi campuran dari temulawak, jahe, dan kunyit.

Manfaat Rempah Jamu

Nah, apa saja khasiat dari tiga rempah tersebut bagi tubuh?

1. Temulawak

Kandungan xantorrhizol pada temulawak terlihat memiliki efek antibakteri, antiradang, antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan mencegah penyumbatan pembuluh darah. Selain itu, jamu temulawak bisa menambah nafsu makan dan mengobati gangguan pencernaan. Juga mengatasi masuk angin, memperbaiki metabolisme lemak, dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

BACA | Bercinta Sambil Berdiri Bisa Hindari Kehamilan, Mitos atau Fakta

2. Jahe

Selain memiliki rasa dan aroma khas yang bisa mengembalikan suhu tubuh menjadi normal, jahe bisa meredakan sakit tenggorokan, flu dan mengatasi masalah pencernaan. Juga mengatasi mual bagi ibu hamil serta vertigo. Jahe segar memiliki efek yang lebih terasa di tubuh daripada jahe bubuk.

BACA | 5 Manfaat Mandi dengan Air Dingin yang Baik untuk Kesehatan, Ini Faktanya

3. Kunyit

Jamu dengan kunyit dapat memerangi kolesterol. Kunyit juga bisa membantu melancarkan peredaran darah, sehingga bisa menghilangkan pegal-pegal pada tubuh. Kunyit juga bisa menjadi penawar racun untuk senyawa kimia yang mengendap di dalam tubuh.

sumber | beritasatu.com

Related posts

Leave a Comment