Liverpool Tampil Mengesankan Juara Piala Super Eropa 2019

liverpool juara super cup 2019

topmetro.news – Liverpool tampil mengesankan dengan menjuarai Piala Super Eropa 2019, dengan membungkam Chelsea dalam drama adu penalti 5-4, setelah bermain imbang dengan skor 2-2. Laga dua tim klub asal Inggris, yang memoperebutkan titel tertinggi klub Eropa berlangsung, pada Kamis (15/08/2019) dinihari WIB di Vodafone Park, Besiktas, Turki.

Babak pertama baru berjalan tiga menit, Liverpool sudah memberikan ancaman ke gawang Chelsea melalui aksi Sadio Mane. Menyambut umpan silang dari Fabinho, Mane coba menyambutnya dengan sepakan akrobatik. Namun tembakannya masih mengenai badan Andreas Christensen, dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk Liverpool.

Berjarak delapan menit, giliran Chelsea yang mendapatkan peluang perdana mereka di laga ini. Memanfaatkan serangan balik, Pedro Rodriguez pun coba melepaskan tembakan ke gawang Liverpool. Tapi sepakan eks pemain Barcelona tersebut masih belum tepat sasaran.

Pedro! Hampir saja mencatatkan namanya di papan skor sekaligus membawa Chelsea membuka keunggulan atas Liverpool. Berhasil melewati hadangan dari Joel Matip, Pedro pun melepaskan tembakan ke gawang Liverpool. Namun tembakannya masih membentur mistar gawang Liverpool.

Tidak berselang lama, gawang Liverpool kembali mendapatkan ancaman. Kali ini giliran Olivier Giroud yang coba melakukan gol indah dengan menyepak bola melalui aksi salto. Tapi tembakan penyerang Timnas Prancis tersebut masih menyamping di sisi kanan gawang Liverpool.

Pada menit ke-36, Chelsea akhirnya mampu membuka keunggulannya atas Liverpool. Adalah Giroud yang mampu mencatatkan namanya di papan skor. Menerima umpan terobosan dari Christian Pulisic, Giroud lalu melepaskan tembakan yang gagal diantisipasi oleh kiper Liverpool, Adrian.

Chelsea sejatinya berhasil menambah keunggulan mereka jadi 2-0 atas Liverpool tepatnya pada menit ke-41 melalui aksi Pulisic. Akan tetapi gol winger berpaspor Amerika Serikat itu tidak disahkan karena ia sudah lebih dahulu berada di posisi offside.

Di pengujung babak pertama, Liverpool hampir saja menyamakan kedudukan, jika kans yang didapat Mohamed Salah tak mampu dihentikan salah satu bek Chelsea. Hingga 45 menit pertama usai, kedudukan 1-0 untuk keunggulan Chelsea atas Liverpool masih menghiasi papan skor laga ini.

Babak Kedua

Tertinggal 0-1 dari Chelsea, membuat Liverpool langsung tampil menekan di awal-awal babak kedua laga ini. Alhasil, Liverpool pun berhasil menyamakan kedudukan melalui gol dari Sadio Mane. Lolos dari jebakan offside, Roberto Firmino lalu mengirimkan bola kepada Mane yang disambutnya dengan sepakan yang tak mampu diamankan Kepa. Liverpool 1-1 Chelsea.

Berhasil menyamakan kedudukan, membuat Liverpool kian nyaman bermain menyerang ke pertahanan Chelsea. Liverpool bahkan nyaris berbalik unggul, jika tembakan Jordan Henderson yang sempat membentur kaki salah satu bek Chelsea gagal ditangkap oleh Kepa.

Babak kedua berusia 20 menit, Chelsea hampir saja kembali unggul atas Liverpool melalui peluang yang didapat Kurt Zouma. Menfaatkan sepak pojok Pulisic, Zouma pun menyambutnya dengan sundulan. Namun bola hasil sundulannya itu masih melambung di atas gawang Liverpool.

Pada menit ke-65, Chelsea kembali berhasil menebar ancaman ke gawang Liverpool melalui aksi Pulisic. Pulisic yang lolos dari kawalan Matip, lalu coba melepaskan terukur ke gawang Liverpool. Namun tembakannya masih tipis menyamping di sisi kiri gawang Adrian.

Berjarak 10 menit, Liverpool kembali membuat para pendukung Chelsea menahan napas. Kali ini giliran Virgil van Dijk yang hampir saja mencatatkan namanya di papan skor, jika sundulannya tidak ditepis dengan baik oleh Kepa.

Tujuh menit jelang waktu normal berakhir, Chelsea menerima kenyataan gol mereka ke gawang Liverpool kembali dianulir. Kali ini giliran gol dari Mason Mount yang harus dianulir, lantaran pemain berusia 20 tahun sudah lebih dahulu terjebak posisi offside.

Di pengujung pertandingan, Liverpool kembali membuang peluang emas mereka untuk unggul 2-1 atas Chelsea. Mane yang melihat celah di pertahanan Chelsea, coba melepaskan tembakan spekulasi. Namun tembakannya masih terlalu lemah, sehingga dengan mudah diamankan oleh Kepa.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya laga di waktu normal, tidak ada gol tambahan yang dicetak oleh kedua tim. Liverpool masih bermain imbang 1-1 dengan lawannya, Chelsea. Kondisi ini membuat laga Liverpool vs Chelsea pun berlanjut ke babak tambahan.(TMN-YOFE)

Related posts

Leave a Comment