Operasi Patuh Toba, Polsek Patumbak Tindak 22 Pengendara

Operasi Patuh Toba

Topmetro.News – Operasi Patuh Toba untuk menumbuhkan kesadaran dan patuh berlalu lintas, Polsek Patumbak Polrestabes Medan menggelar razia kendaraan bermotor di kawasan Jalan Nasional, Jalan SM Raja, Kecamatan Medan Amplas, Selasa (3/9/2019), persis di depan Rumah Sakit Mitra Medika. Hasil 22 pengendara ditindak.

Operasi Patuh Toba2
foto | iswandi nasution

Operasi Patuh Toba, Dibantu Dishub

Razia itu dipimpin Kapolsek Patumbak AKP Ginanjar Fitriadi didampingi Kanit Lantas Ipda Morasati Hasibuan, Kanit Provost, dan puluhan personil lalu lintas dibantu Dishub Kota Medan.

Dalam operasi dengan sandi “Patuh Toba” yang digelar secara serentak di wilayah hukum jajaran Polda Sumut ini, pihaknya berhasil menindak 22 pelanggar lalu lintas, diantaranya 19 pengendara roda dua (sepeda motor), dan 3 pengendara roda empat (mobil). Selain itu, kata Ginanjar, pihaknya juga memberikan teguran kepada lebih dari 20 pengendara.

“Pada pelaksanaan razia ini, kita mengeluarkan sebanyak 22 surat tilang, dimana 19 untuk kendaraan roda dua, dan 3 untuk roda empat, dan tindakan teguran sebanyak 20,” ujar AKP Ginanjar Fitriadi SH, SIK.

Lanjut Ginanjar, adapun pengendara motor yang ditindak yakni 9 pengendara tidak memiliki SIM, 5 tidak memakai helm, 3 tidak memiliki/membawa STNK, 2 tidak menyalakan lampu utama, kelebihan muatan 2 pengendara, dan melawan arah 1 pengendara, sehingga total surat tilang yang dikeluarkan sebanyak 22.

Pihaknya juga menyita barang bukti SIM C sebanyak 7 lembar, STNK 9 lembar, dan 3 untik sepeda motor.

Sedangkan untuk pengendara roda dua (mobil), pihaknya menindak 1 pengendara yang kelebihan muatan, dan 1 tidak menggunakan sabuk pengaman (safety belt).

“Untuk mobil kita menyitabarang bukti SIM sebanyak 2 lembar dan STNK 1 lembar,” kata Ginanjar.

Diimbau Agar Lebih Patuh

Selain melalukan razia, AKP Ginanjar mengaku memberikan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat agar lebih patuh dan mengikuti prosedur berkendara, dan melengkapi surat-surat kendaraan demi keselamatan. Dia menegaskan, selama sepekan kedepan, pihaknya akan terus melaksanakan razia sesuai perintah pimpinan.

“Kita mengimbau kepada masyarakat khususnya pengendara agar lebih patuh, lengkapi surat-surat kendaraan, demi keselamatan berkendara,” pungkas Ginanjar.

reporter | iswandi nasution

Related posts

Leave a Comment