878 Guru Kelas 6 SDMI Ikut Pelatihan Bedah SKL US

TOPMETRO.NEWS – Wali Kota Medan, Drs.H.T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Kadis Pendidikan Kota Medan, Drs Hasan Basri,MM membuka Pelatihan Bedah Standard Kompetensi Kelulusan Ujian Sekolah (SKL US) bagi guru kelas 6 Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Griya Hotel Jalan T Amir Hamzah Medan, Senin (3/4). Pelatihan ini diikuti 878 orang guru berasal dari SD/ MI Negeri maupun swasta se-Kota Medan.

Menurut Hasan, out put yang ingin diperoleh dengan digelarnya pelatihan selama 8 hari ini yakni agar para guru kelas 6 dapat memahami kisi-kisi Ujian Sekolah (US) SD/MI Tahun Pengajaran (TP) 2016/2017 dengan benar.

Selain itu, jelas Hasan, melalui pelatihan ini nantinya dapat menghasilkan butir-butir soal yang sesuai dengan kisi-kisi US SD/MI TP 2016/2017. Selanjutnya, butir-butir soal yang sesuai dengan kisi-kisi tersebut dilatihkan kepada peserta didik kelas 6.

“Melalui pelatihn ini juga, kita berharap dapat memprediksi berbagai kemungkinan soal yang akan muncul pada saat berlangsungnya US SD/MI berdasarkan indicator yang telah dirumuskan dalam kisi-kisi US SD/MI TP 2016/2017. Terpenting lagi, kita ingin meningkatkannya nilai US SD/MI TP 2016/2017 di Kota Medan,” kata Hasan.

Guna mendukung suksesnya pelatihan dan menghasilkan out put yang diinginkan, mantan Kepala Balitbang Setdakot Medan itu mengungkapkan,Dinas Pendidikan mengahadirkan sejumlah nara sumber dalam pelatihan tersebut. Selain Kabid Pendidikan Dasar, Drs Masrul Badri M.PSI, juga Tim Pengembang Kurikulum Kota Medan.

Demi efektifitasnya pelaksanaan pelatihan Hasan menjelaskan, seluruh peserta dibagi menjadi 4 gelombang. Dimana gelombang I diikuti 221 guru, gelombang II sebanyak 220 guru, gelombang III (220 guru) dan gelombng IV (217 guru).

“Insya Allah pelatihan bedah SKL US bagi guru kelas Kota Medan tahun 2017, kita dapat meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran untuk menyongsong ujian sekolah yang berintegrasi dan berkualitas,” harap Hasan.(TM-02)

Related posts

Leave a Comment