Pemkab Batubara Bekerjasama dengan Pelindo I Kuala Tanjung

Pelindo I Kuala Tanjung

topmetro.news – Pelindo I Kuala Tanjung sebagai BUMN kepelabuhanan bekerjasama dengan Pemkab Batubara (dinas pendidikan), memberikan edukasi tidak hanya pada masyarakat luas. Namun juga kepada anak-anak SD.

Sebanyak 50 siswa/i sebagai perwakilan SD di sekitaran pantai di Kabupaten Batubara beserta perwakilan K3S dan guru pendamping berkunjung ke Kuala Tanjung. Demikian disampaikan Plt Kadis Pendidikan Batubatu Ilyas Sitorus usai kegiatan ‘port visit’ dimaksud, Selasa (24/9/2019).

Ilyas mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat mengedukasi peserta didik. Juga akan memberikan kenangan cukup panjang dalam memori anak. “Apalagi anak-anak mendapatkan bekal berupa materi pengenalan tentang maritim dan kepelabuhanan,” tambahnya.

Negara Maritim

Indonesia merupakan negara maritim dimana sebagian wilayah terdiri akan laut. “Tapi tak banyak yang memperkenalkan dunia kemaritiman kepada anak usia SD,” kata Ilyas.

“Pelindo I dan Pemkab Batubara akan terus bekerja sama meningkatkan kompetensi SDM untuk memajukan Kabupaten Batubara,” terang Ilyas S Sitorus.

Setelah diajak berkunjung melihat Dermaga Kuala Tanjung Multipurpose untuk melihat kegiatan bongkar muat yang sedang berlangsung, anak-anak dikenalkan dengan dunia kepelabuhanan dan maritim oleh VP Public Relations Pelindo I Fiona Sari Utami dan Manager Stakeholder Organisasi Proyek Kuala Tanjung Pelindo I Asih Kurnia.

Atas nama Pemkab Batubara, Ilyas pun mengucapkan terimakasih kepada Pelindo I Kuala Tanjung. “Terima kasih atas semua sambutan dan layanan kepada kami. Termasuk pengetahuan tentang kepelabuhan yang telah disampaikan oleh Tim Pelindo I. Sekali lagi diucapkan terimakasih atas kesempatan dapat melihat dari dekat Pelabuhan Kuala Tanjung bersama anak-anak,” katanya.

GM Cabang Pelabuhan Kuala Tanjung Richard Siahaan mengatakan bahwa Pelindo I menganggap kegiatan seperti ini merupakan bentuk tanggung jawab mereka sebagai salah satu BUMN.

“Dengan kegiatan ini diharapkan tidak hanya memberikan inspirasi dan pengetahuan bagi para siswa. Namun juga menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan mereka terhadap wawasan bahari dan kegiatan maritim di pelabuhan Indonesia,” tambah Ricard.

Program Stakeholder

Manager Stakeholder Organisasi Proyek Kuala Tanjung Asih Kurnia mengatakan, kunjungan anak sekolah itu dalam rangka program stakeholder manajemen pelabuhan di Kuala Tanjung. Untuk meningkatkan kompetensi masyarakat sekitar Pelabuhan Kuala Tanjung. “Serta salah satu wujud komitmen dan tindak lanjut kerja sama Pelindo I dan Pemkab Batubara,” tambahnya.

VP Public Relations Pelindo I Fiona Sari Utami berharap kegiatan seperti itu bisa menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap dunia kepelabuhanan dan maritim. “Kegiatan ‘port visit’ ini akan terus berlangsung. Karena merupakan salah satu bentuk kerja sama Pelindo I dan Pemkab Batubara untuk memajukan SDM daerah. Sehingga setiap generasi muda Batubara di sekitar di Pelabuhan Kuala Tanjung termotivasi untuk rajin belajar mengejar cita-citanya,” ujar Fiona.

reporter | Bima

Related posts

Leave a Comment