Pemkab Sergai-BNN Canangkan Desa Bersinar

Pemkab Sergai

topmetro.news – Pemkab Sergai dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Sergai, mencanangkan Desa Bersinar (Bersih Narkoba), pada rangkaian Pencegahan Pemberantasan Peredaran Gelap dan Penyalahgunaan Narkoba (P4GN).

Sekaitan hal ini juga dilakukan pelantikan Satgas Anti Narkoba Desa se Kecamatan Pegajahan bertempat di Lapangan Bola Kaki Desa Pegajahan Kecamatan Pegajahan Sergai, yang dihadiri Wakil Bupati Sergai H Darma Wijaya, Kamis (26/9/2019).

Darma Wijaya mengatakan, pencanangan Desa Bersinar merupakan bukti komitmen Pemkab Sergai dan pusat dalam memerangi peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba. Mengingat tindakan penyalahgunaan narkoba merupakan salah satu kejahatan luar biasa.

Seiring saat ini peredaran narkoba menyasar kaum milenial, Bupati dan Wakil Bupati berharap kehidupan milenial tidak hanya menghasilkan prestasi yang kreatif dan inovatif, tetapi juga hidup dengan bebas narkoba.

Sebab itu pula yang melatarbelakangi digalakkannya gerakan “Milenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Indonesia Emas” yang mendorong seluruh elemen masyarakat untuk menjadi generasi yang produktif, inovatif, kreatif dan bersih narkoba. Hal ini guna mendukung terwujudnya visi Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan.

Sebelumnya Kepala BNNK Sergai Drs Adlin Tambunan, SH bahwa Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyikapi perkembangan ancaman narkoba yang sangat dekat dan nyata serta dampaknya yang begitu kompleks serta mengancam eksistensi serta kedaulatan bangsa Indonesia dimasa mendatang.

Pemkab Sergai Serius Perangi Narkoba

“Dibutuhkan peran aktif dari Kepala Desa dan masyarakatnya agar tercipta lingkungan pedesaan yang bersih dari penyalahgunaan narkoba sesuai Undang-undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa”, terangnya.

Kata Adlin, berbicara tentang narkoba tidak terlepas dari 3 (tiga) hal yaitu penjahat narkoba, penyalahguna narkoba serta masyarakat bersih narkoba.

“Melalui pencanangan Desa Bersinar hari ini kita wujudkan poin ketiga yaitu masyarakat bersih narkoba serta menyatakan perang terhadap poin 1 dan 2 yaitu penjahat narkoba dan penyalahguna narkoba. Desa Pegajahan ini telah membentuk Relawan Anti Narkoba dengan aktif melakukan sosialisasi di sekolah maupun perwiritan,” tegasnya.

Baca Juga: Bupati Sergai: Hari Kesadaran Nasional 2019, Kita Masih On The Track

Harapannya agar nantinya desa Pegajahan menjadi percontohan bagi desa-desa lain di Pemkab Sergai dalam pemberantasan penyalahgunaan narkoba secara mandiri melalui dituangkannya P4GN dalam RKP dan APBDes Tahun Anggaran 2019 serta ditingkatkan untuk tahun berikutnya.

Hadir juga dalam kegiatan ini, Kepala BNNP Provsu Brigjend Pol Atrial, diwakili Kabid P2M Tuankus Harianja, Dandim 0204/DS Letkol (Kav) Syamsul Arifin, Kepala BNNK Sergai Drs Adlin Tambunan, MH, Kadis Kominfo Drs H Akmal, M. Si, Camat Pegajahan Sudaris, S.Sos, Muspika, para Kepala Desa, Satgas Anti Narkoba serta ratusan masyarakat Desa Pegajahan.

Reporter | Dina Mariana

Related posts

Leave a Comment