You are here
Edy: Menjual Nias Perlu Campur Tangan Besar Travel & Wisata 

Edy: Menjual Nias Perlu Campur Tangan Besar

topmetro.news – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan, menjual pariwisata Nias perlu sesuatu dan campur tangan yang besar. Terutama dalam hal infrastruktur. Disampaikan juga, bahwa Nias adalah lokasi surfing terbaik dunia.

Demikian dikatakan Edy Rahmayadi saat ditanya wartawan menindaklanjuti even Sail Nias 2019 beberapa waktu lalu yang dinilai hanya sebagai seremoni saja.

“Nias butuh infrastruktur, butuh pendidikan dan perlu pendalaman budaya. Sehingga mereka tidak terisolir,” ucapnya kepada wartawan, Senin (30/9/2019).

Surfing Terbaik Dunia

Membangun Nias benar-benar perlu dihitung. Karena letak geografisnya yang jauh sehingga biayanya cukup tinggi. Yang bisa dijual dari Nias adalah surfingnya.

“Itu terbaik di dunia surfingnya. Saya bilang nomor dua di dunia. Rupanya mereka bantah dan yang terbaik di dunia. Nias memerlukan sesuatu. Perlu campur tangan yang besar. Terutama dalam hal infrastruktur,” sebutnya.

Seperti diketahui, puncak Perhelatan Sail Nias 14 September 2019 lalu diyakini mampu mendatangkan puluhan ribu wisatawan. Dan menjadikan Nias sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Sumut dan Indonesia.

Pemprov Sumut sendiri dalam even itu mengakui bahwa infrastruktur jalan dan fasilitas pendukung lainnya seperti ketersediaan air bersih masih menjadi masalah.

Nias sendiri memang dikenal sebagai ‘surga’ bagi peselancar (surfing) dunia. Di Pulau Nias terdapat dua lokasi surfing terbaik dunia yang disebut ‘The Point’ dan ‘Indicator.

Pantai Sorake di Teluk Lagundri, sebelah selatan Pulau Nias, adalah tujuan para surfer dari seluruh penjuru dunia untuk menguji ngali, menantang ombak yang luar biasa.

Di tempat ini, kerumunan turis bisa dibilang hampir tidak ada, sehingga suasananya sangat nyaman untuk bersantai. Menyelam atau memancing juga dapat dilakukan disini.

Bagi peselancar pemula, akan ada pemandu yang menunjukkan tempat dengan ombak yang tidak begitu berbahaya. Disinilah ‘Double H Surf Camp’ berada. Tempat ini memiliki bungalow dengan kapasitas 8-10 orang dan dilengkapi kamar mandi.

reporter | Erris JN

106 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment