Dansat TMMD Pimpin Langsung Evakuasi Pembersihan Material Akibat Longsor

lokasi TMMD

topmetro.news – Dansat TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Ke-106 Kodim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin SE MTr Han turun tangan langsung memimpin evakuasi pembersihan material dan peralatan pembangunan jembatan karena terjadinya longsor di lokasi TMMD.

Kondisi hujan yang mengguyur seharian membuat dinding tebing di lokasi pembangunan jembatan sepanjang 40 meter longsor di Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sabtu (5/10/2019).

Setelah mengecek situasi di lapangan akhirnya diambil tindakan segera dilakukan pembersihan sejumlah material bangunan jembatan yang tertimbun. Dan itu dilakukan secara manual.

“Saya selaku Dansatgas TMMD Ke-106, Dandim 0204/DS, bersama seluruh personil melakukan pembersihan longsor agar pembangunan rangka beton jembatan bisa dilaksanakan,” urai Letkol Kav Syamsul Arifin.

Selain itu juga, Dandim mengingatkan seluruh personil agar berhati-hati mengingat lokasi yang rawan longsor.

TMMD Tetap Lanjut

Meski ada kejadian longsor di lokasi TMMD tersebut, namun pelaksanaan pekerjaan tetap berlanjut. Agar pembangunan jembatan yang menghubungkan Desa Silau Padang dan Desa Sabang Buah, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Sergai, Provinsi Sumatera Utara, bisa selesai.

Dalam kejadian tersebut, tidak ada korban yang terluka. Musibah longsor dan hanya menimbun bahan material saja.

Informasi lainnya dihimpun, TMMD merupakan salah satu wujud Operasi Bhakti TNI. Ini merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non-Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya.

TMMD dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan. Khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

reporter | Robert Siregar

Related posts

Leave a Comment