Lexus Nikmati Kenaikan Penjualan 59 Persen di Indonesia

TOPMETRO.NEWS – Pasar mobil mewah di Indonesia tampak beranjak naik, setidaknya bagi Lexus. Divisi mobil premium dari jenama Jepang Toyota itu berhasil meningkatkan angka penjualannya hingga 59 persen pada kuartal pertama 2017.

Sepanjang Januari-Maret, sebanyak 287 unit kendaraan roda empat kelas atas itu laris di pasaran, naik dari 180 unit pada periode yang sama tahun lalu. Seperti dipaparkan Lexus Indonesia dilansir dari Beritagar.id,baru – baru ini.

Dari jumlah tersebut, sport utility vehicle (SUV) Lexus RX menjadi model yang paling diminati. Angka penjualan dua model RX –200t dan 200t F Sport– mencapai 218 unit atau 75,9 persen dari total penjualan Lexus Indonesia pada kuartal pertama 2017.

Dua jenis SUV Lexus lainnya, NX dan LX, masing-masing laris 39 unit dan 27 unit, sementara sedan IS hanya terjual tiga unit sepanjang Januari-Maret 2017.

Adrian Tirtadjaja, GM Lexus Indonesia, kepada Carvaganza (4/4) mengatakan tingginya permintaan akan varian SUV disebabkan jalanan di Indonesia yang belum terlalu mulus. Selain itu, ada perasaan aman dan nyaman yang dirasakan oleh pengendara mobil model SUV, termasuk RX.

Kenaikan penjualan tersebut, tutur Adrian kepada Tempo.co (4/4), menjadi semacam oase di tengah pasar mobil yang tak menentu di Indonesia.

Guna menjaga kesetiaan pelanggan, ia menyatakan Lexus Indonesia akan terus berupaya memberikan kejutan-kejutan yang menarik perhatian mereka, misalnya dengan mendatangkan Miss Universe 2016 Iris Mittenaere dan Putri Indonesia 2017, Bunga Jelitha Ibrani, di LexusGallery Menteng, Jakarta, Senin (3/4).

“Kami bersyukur atas respon yang sangat baik dari market. Kami berharap dengan kehadiran Miss Universe dan Puteri Indonesia di LexusGallery, dapat menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi para pelanggan Lexus,” tutur Adrian.

“Kami akan terus berusaha menghadirkan kejutan demi kejutan yang dapat memberikan personal delightment bagi setiap pelanggan Lexus.”Prestasi Lexus global

Peningkatan penjualan di Indonesia itu menjadi bagian dari peningkatan penjualan Lexus di dunia yang mereka nikmati selama empat tahun terakhir.

Nikkei Asian Review (3/2) mengabarkan bahwa pada 2016 penjualan mobil premium itu di seluruh dunia mencapai 677.000 unit di seluruh dunia, naik 4 persen dibandingkan 2015.

Kenaikan penjualan itu didorong larisnya model-model SUV serta kuatnya penjualan di Tiongkok dan Eropa.

Pertumbuhan terbesar Lexus tahun lalu, 25 persen, dialami di pasar Tiongkok –termasuk Hong Kong–, dengan penjualan mencapai 110.000 unit. Untuk pertama kalinya mereka berhasil melampaui angka 100.000 unit di kawasan tersebut, dengan SUV RX dan NX menjadi penyumbang keuntungan terbesar.

Dua jenis SUV itu juga mendorong kenaikan penjualan sebesar 17 persen di Eropa (74.000 unit) dan 8 persen di Jepang (52.000 unit).

Walau demikian, penjualan Lexus di Amerika Serikat menurun 4 persen menjadi 354.000 unit sepanjang 2016.(TMN)

Related posts

Leave a Comment