Heboh, F16 dan Sukhoi Mondar-mandir di Langit Jakarta

TOPMETRO.NEWS – Warga Jakarta khususnya yang tinggal di kawasan Jakarta Timur pasti merasakan suara bising dari udara sejak Rabu pagi, 5 April 2017. Suara tersebut diketahui datang dari mesin pesawat jet tempur milik TNI Angkatan Udara yang tengah beraksi. Suara pesawat tempur yang sangat bising mirip gemuruh itu membuat heboh warga.

Dilansir dari VIVA.co.id dari gedung Wali Kota Jakarta Timur, terlihat pesawat tempur tersebut terbang dengan kecepatan tinggi dan bermanuver di atas udara. Pemandangan ini cukup jarang terlihat di Jakarta.

Kepada Dinas Penerangan (Kadispen AU), Marsma Jemi Trisonjaya, membenarkan saat ini langit Jakarta memang tengah dipenuhi oleh pesawat tempur yang berkeliling dan bermanuver. Hal tersebut dalam rangka latihan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AU ke-71 pada Minggu, 9 April 2017.

“Sedang gladikotor untuk HUT TNI yang akan diperingati pada hari Minggu besok. Ada sekitar 130 pesawat,” kata Jemi kepada VIVA.co.id Rabu, 5 April 2017

Jemi mengatakan, untuk perayaan HUT TNI AU nanti, pesawat yang dikerahkan tak hanya pesawat tempur. Tetapi juga pesawat angkut dan helikopter yang dimiliki oleh TNI AU.

“Pesawat tempur ada F16, Shukoi, T 50, Super Tucano, Hawk 100/200. Pesawat angkutnya dari Boeing 737, F 28,C 130, CN 235, Cesna, dan lain-lain, untuk Helinya Nas 332, SA 330, EC 120 , C 725,” ucap dia.

Jemi menambahkan, acara peringatan HUT TNi AU ke 71 tersebut nanti akan dipusatkan di Lanud Halim Perdana Kusuma. Namun sebanyak 130 pesawat yang akan meramaikan langit Jakarta nanti akan berangkat dari 3 lanud.

Selain dari Halim perdana Kusuma Jakarta, pesawat juga akan berangkat dari Lanud Husein Sastranegara, Bandung, dan Lanud Atang Senjaya, Bogor. “Nanti masyarakat juga bisa menyaksikan atraksi pesawat secara langsung di Halim,” ujarnya.(TMN)

Related posts

Leave a Comment