You are here
Jelang Pilkades Serentak, Bupati Batubara Saksikan Pencabutan Nomor Daerah 

Jelang Pilkades Serentak, Bupati Batubara Saksikan Pencabutan Nomor

topmetro.news – Dari 109 desa yang akan ikut menyelenggarakan Pilkades Serentak Tahun 2019, menurut Bupati Batubara Zahir, Desa Lubuk Besar sangat menarik. Karena Pilkadesnya tahun 2019, DPT-nya juga berjumlah 2019 orang.

“Itu artinya jumlah DPT sama tahun pelaksanaan Pilkades Serentak Kabupaten Batubara sama. Yaitu tahun 2019,” ujar Bupati Zahir mengawali sambutannya di Desa Lubuk Besar Kecamatan Datuk Lima Puluh Kabupaten Batubara, Kamis (24/10/2019).

Tahapan Pilkades

Masih menurut Zahir, bahwa tahapan pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2019 di Kabupaten Batubara sudah memasuki penetapan dan pengundian nomor urut calon kepala desa.

“Saya mengaja datang ke desa ini hanya untuk ikut menyaksikan pencabutan nomor urut calon kepala desa,” ujar Zahir.

Masih menurut Zahir, bahwa masalah pemilihan itu adalah hak dari masing-masing warga masyarakat untuk memilih pimpinannya. “Hal penting yang harus diperhatikan, baik calon kades maupun para pendukungnya, yang menang jangan sampai sombong nanti. Begitupun yang kalah, jangan lantas membuat kegaduhan. Terima dengan lapang dada. Dengan demikian, harus siap menang, dan juga harus siap kalah,” tegasnya.

“Hal ini perlu saya sampaikan hari ini walaupun hari pemilihan dilaksanakan minggu ke empat November 2019,” sambung Zahir.

Sementara Ketua Panitia Pilkades Yunus Effendi mengatakan, P2KD telah menetapkan dua pasang calon. Juga telah menetapkan teknis pengundian dengan tahapan masing-masing calon mengambil undian nomor secara bersamaan. Lalu dibuka bersama-sama. Angka terkecil berhak untuk mengambil undian nomor urut yang dimasukkan kedalam muk. Dan hasilnya, Sutiono memperoleh nomor urut 1 dan Lidya Sari Tanjung memperoleh nomor urut 2.

Hadir pada saat penarikan nomor calon kepala desa selain Ketua Panitia Yusuf Effendi dan seluruh anggota, juga Babinkamtibmas Muhammad Fauzi.

reporter | Bima Pasaribu

134 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment