Anggota DPRD Medan dan Walikota ke Ichikawa untuk Program ‘Sister City’

Perjalanan dinas anggota DPRD Medan

topmetro.news – Perjalanan dinas anggota DPRD Medan ke Ichikawa Jepang beberapa waktu lalu, merupakan undangan Pemerintah Ichikawa dalam rangka Program ‘Sister City’. Pada saat bersamaan, Walikota Medan T Dzulmi Eldin juga diundang ke Ichikawa Jepang dalam acara sama.

Perjalanan itu dikaitkan Eldin saat menjalani pemeriksaan di KPK beberapa waktu lalu, pasca-ditangkap KPK dalam kasus suap bersama Kadis PU dan beberapa orang lainnya.

“Keberangkatan anggota DPRD Medan tidak bersamaan dengan rombongan walikota saat itu,” ujar Sekretaris DPRD Medan Abdul Azis kepada wartawan, Jumat (25/10/2019), saat diwawancarai terkait perjalanan dinas anggota DPRD Medan.

Disebutkannya, keberangkatan sejumlah anggota dewan itu sah. Karena ada undangan dari Pemerintah Ichikawa ke DPRD Medan terkait Program ‘Sister City’. Sesuai dengan surat dari Kemendagri, anggota DPRD kota bisa menghadirinya. “Artinya, DPRD Medan tidak ‘nebeng’ Pemko Medan saat berangkat ke sana,” ujarnya.

Sudah Ada Anggaran

Terkait anggaran keberangkatan anggota dewan ke Ichikawa, Azis mengatakan, sudah ada dianggarkan di APBD 2019. Itu tergabung dalam perjalanan dinas anggota dewan ke luar daerah. “Anggaran itu dimasukkan ke Sekretariat DPRD Medan,” sebutnya.

“Besaran anggaran untuk anggota dewan untuk perjalanan ke luar negeri (LN) sudah ada di bagian keuangan,” ujarnya. Dia mengaku tidak ingat angkanya. Namun yang pasti, lain negara yang dikunjungi, lain pula anggarannya.

Namun dalam setahun sudah ada aturan dan anggaran yang dibuat. Untuk keberangkatan ke LN, ‘jatah’ pimpinan tiga kali dan dua untuk masing-masing anggota. Namun di tahun 2019, tidak seluruhnya bisa dijalankan. Hanya satu atau dua kali berangkat. Untuk satu undangan dari LN, anggota dewan yang bisa menghadirinya maksimal lima orang.

“Untuk yang berangkat ke Ichikawa Jepang kemarin, ada empat anggota dewan yang berangkat. Yaitu Dame Duma Sari Hutagalung, Modesta Marpaung, Beston Sinaga, dan Paulus Sinulingga,” ujarnya.

Terkait foto bersama Walikota di Ichigawa, Azis menegaskan belum pernah melihatnya. Namun itu hal wajar saja karena ‘judul’ keberangkatan sama, yaitu ‘sister city’. “Sudah pasti dewan dan walikota ketemu di sana, walau berangkatnya tidak bersamaan,” pungkasnya.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment