DPRD Sumut ‘Warning’ Pejabat Soal RDP

pejabat Pemprov Sumut

topmetro.news – Kalangan anggota DPRD Sumut menyatakan sepakat menolak pejabat Pemprov Sumut yang tidak berkompeten untuk menghadiri rapat atau pertemuan di dewan. Dewan berkeinginan pejabat yang hadir tersebut harus benar-benar bisa mengambil keputusan dan berkompeten.

“Khusus Komisi D DPRD Sumut kami telah sepakat bahwa Kepala Dinas Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara yang tidak menghadiri undangan rapat dengar pendapat dengan Komisi D DPRD Sumut, maka rapat tersebut akan ditunda pelaksanaannya dan dijadwal ulang,” tegas anggota Komisi D DPRD Sumut, Mangapul Purba kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (29/10/2019).

Menurut Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut ini, sikap tersebut dilakukan untuk mengembalikan marwah DPRD Sumut yang selama ini mungkin kurang baik di hadapan rakyat.

“Kita mau menggeser image terhadap dewan yang selama ini dipandang negatif oleh masyarakat. Karena itu saat ini kita akan menunjukkan kerja-kerja kita kepada masyarakat. Tidak melakukan hal yang aneh-aneh,” ujar Mangapul.

Kepala Dinas

Dia menyampaikan jika di komisinya sudah sepakat untuk menerapkan itu. Dimana rapat dengar pendapat dengan Komisi D agar dihadiri langsung oleh kepala dinas.

“Kita minta tidak ada yang diwakilkan saat dipanggil atau diundang dalam rapat dengar pendapat nanti. Kalau tidak hadir langsung kepala dinasnya, kita batalkan rapat dan dijadwalkan ulang,” tegas Mangapul.

Kata Mangapul, ini dilakukan untuk membuktikan kerja-kerja dewan. Misalnya mengawasi mitra kerja dan pihak eksekutif harus serius dengan ini. “Dari evaluasi kita dan informasi yang kita peroleh dari DPRD Sumut periode lalu, saat pembahasan anggaran, kepala dinas dan stafnya hadir semua di komisi,” katanya.

Namun ketika diminta progres anggaran, kata Mangapul, mereka mengutus stafnya. Sementara kepala dinas tidak hadir. “Makanya kita di dewan sudah sepakat hal-hal seperti itu tidak boleh terjadi lagi,” ujarnya.

BACA | Ketua Fraksi Nusantara DPRDSU Desak Pemprov Serius Bina Pemuda

Selain itu, sebut Mangapul, direncanakan juga nanti sebelum digelarnya rapat dengan pendapat, data yang diminta dewan sudah datang dua hari sebelum rapat.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment