Ketua KONI Sumut Sarankan Agar Musorkab Tempuh Jalur Aklamasi

pelaksanaan Musorkab

topmetro.news – Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis mengingatkan, agar pelaksanaan Musorkab di sejumlah daerah dengan agenda utama pemilihan pengurus tidak sampai gontok-gontokan. Sebab akan memengaruhi terhadap sinergitas atas keinginan bersama untuk memajukan olahraga di daerah.

“Benar, ada sejumlah daerah yang akan melaksanakan Musorkab di wilayah Sumut, termasuk Kabupaten Tapanuli Utara. Jelang Musorkab saya dengar ada sejumlah figur yang dimunculkan (muncul). Namun kita melihat itu pada konteks positif. Ternyata banyak yang ingin memajukan bidang olahraga di daerah masing-masing dan itu memang bahagian hak demokrasi,” jelasnya, di Kantor KONI Sumut Jalan William Iskandar Medan, pekan lalu.

Hanya saja, pria yang lama aktif di IMI Sumut dan OKP ini, menyarankan, jalur yang diambil secara aklamasi adalah keputusan terbaik. Sebab akan memudahkan sinergitas sesama pengurus ke depan dalam substansi pengembangan cabang-cabang olahraga.

“Nah, itu yang kita dorong. Kalau bisa diputuskan secara aklamasi. Dan harap diingat, KONI Sumut tidak mempunyai calon titipan. Senantiasa kita berada pada posisi netral dan saya pikir kepala daerah setempat (bupati/walikota) selaku pembina KONI, memiliki sikap yang sama,” tandasnya.

Pada saat bersamaan, John Ismadi Lubis juga menerima audiensi Pengurus KONI Taput yang segera berakhir masa periodenya dipimpin ketuanya Robinhot Sianturi, bersama Ketua Pelaksana Musorkab KONi Taput Tohom Lumbantobing, Sekretaria Robin Simanjuntak, Ketua SC Harry Tobing, dan Bidang Humas Publikasi Jan Pieter Simorangkir.

ISORI Bukan Peserta Musorkab

Kehadiran Panitia Musorkab selain untuk membahas petunjuk pelaksanaan dan jadwal, juga untuk mengklarifikasi keabsahan sejumlah organisasi yang menjadi peserta Musorkab.

John Ismail mengingatkan, agar pelaksanaan Musorkab Taput tetap mengacu pada tata tertib dan petunjuk pelaksanaan. Dia juga secara tegas menjelaskan kepada panitia, cabang olahraga (cabor) mana saja yang menjadi peserta Musorkab (pemilik hak suara). Peserta biasa atau peninjau, pada Musorkab KONI Taput.

“ISORI (Ikatan Sarjana Olahraga Republik indinesia), bukan cabang olahraga. Tetapi organisasi profesi,” tandasnya.

Sementara Ketua Panitia Tohom Lumbantobing, Sabtu (2/11/2019), di Kantor KONI Taput, menjelaskan bahwa KONI Sumut telah menyetujui pelaksanaan Musorkab tanggal 15 November 2019. “Jadwal tanggal 15 sudah disetujui. Dan kita akan memantapkan seluruh persiapan untuk pelaksanaan. Maka Hari Senin akan mengadakan rapat pemantapan,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa pendaftaran bakal calon Ketua KONI Taput akan dibuka tanggal 5-13 November 2019 (tujuh hari kerja) di kantor KONI. Pendaftaran ditangani langsung tim penjaringan.

reporter | Jan Piter Simorangkir

Related posts

Leave a Comment