Pemkab Sergai Gelar Evaluasi Pelaksanaan SAKIP dan Reformasi Birokrasi

Pemkab Sergai

topmetro.news – Pemkab Sergai (Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai) menggelar Evaluasi Pelaksanaan SAKIP dan Reformasi Birokrasi bertempat Le Polonia Hotel Medan, Kamis (7/11/2019).

Hadir pada acara tersebut Bupati Sergai Ir H Soekirman, Asisten Deputi Koordinasi Bidang Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas dan Pengawasan Kemenpan-RB Kamaruddin, AK. M. Sc, Sekdakab HM Faisal Hasrimy AP MAP, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD serta Kasubbag Perencanaan OPD se-Sergai.

Sekdakab HM Faisal Hasrimy AP MAP dalam sambutanya mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang baik dari para Kepala OPD yang hadir pada kegiatan ini. Hal ini menunjukkan kinerja maksimal dalam mewujudkan janji politik Bupati-Wabup kepada masyarakat. Seperti sering disebutkannya terlebih dahulu.

Disampaikan bahwa untuk pelaksanaan SAKIP ini, seluruh OPD telah berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan perbaikan-perbaikan sesuai arahan dan bimbingan dari Kemenpan-RB. Arahan ini nantinya sangat berguna bagi seluruh tim yang ikut dalam acara ini.

Pemkab Sergai Berterima Kasih

Bupati Sergai Ir H Soekirman dalam kesempatan tersebut mengucap rasa kesyukuran kepada Allah SWT Tuhan YME. Maka apapun visi dan misi kita tersebut akan sulit mendapatkan pengakuan dari masyarakat.

“Kita bersyukur hari ini ini dapat menghadirkan narasumber dari Kemenpan-RB dengan harapan ingatan kita kemudian reviu kita terhadap Visi Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan. Hal ini akan menurun menjadi RPJMD dengan indikator-indikatornya dengan peraihan-peraihannya,” katanya.

Baca Juga: Pemkab Sergai Peringati BBGRM XVI dan HKG PKK ke 47

Kita tidak bicara batas waktu, yang penting lakukan yang terbaik (do the best) dan hindari business as usual (BAU). Kami komitmen untuk meningkatkan agar cascading SAKIP kami untuk lebih baik. Kepada pembimbing dari Kemenpan-RB, dimohon pembinaan dan masukannya agar mendapatkan hasil yang terbaik. Ini sangat penting bagi kita semua.

Bimbingan dan arahan dari Asisten Deputi Koordinasi Bidang Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas dan Pengawasan I Kemenpan-RB Kamaruddin, AK, M.Sc.

Menilai Tingkat Akuntabilitas

Tujuan evaluasi ini adalah untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya Pemerintahan yang berorientasi. Hal ini mengacu kepada hasil (result oriented government) serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan.

Evaluasi SAKIP ini terlebih dahulu diawali dengan dilakukan dengan assessment (penilaian) agar dapat terukur dan objektif. Bahwa dalam rangka penilaian ini dilaksanakan dengan sangat ketat tanpa memandang kedekatannya dengan pihak manapun serta sesuai dengan bukti dilapangan.

Jadi intinya, jika daerah kita ingin meningkatkan predikat SAKIP menjadi lebih tinggi seperti A. Maka salah satunya pada penerapan TPP jangan lagi berbasis resensi atau berdasarkan kehadiran semata, namun berpegang pada capaian kinerja yang bersangkutan.

Reporter | Dina Mariana

Related posts

Leave a Comment