Satgas Pamtas Yonif 411 Kostrad Gelar Posyandu Bagi Warga Perbatasan RI-PNG

warga perbatasan

Topmetro.News – Sebagai wujud kepedulian terhadap tumbuh kembang balita dan Ibu hamil, Satgas Pamtas RI-PNG Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad bersama Puskesmas Sota menggelar Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan layanan kesehatan bagi warga perbatasan di Kampung Rawa Biru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua.

warga perbatasan2
foto | Puspen TNI

Warga Perbatasan Dilaksanakan Posyandu Bulanan

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya, S.Sos., M.Han., di Distrik Elikobel, Merauke, Sabtu (9/11/2019) menuturkan  Jumat (8/11/2019), Satgas Yonif 411 Kostrad Pos Yakyu bekerjasama dengan Puskesmas Sota dan Puskesmas Pembantu Rawa Biru melaksanakan kegiatan Posyandu bulanan di RT 03 Yakyu, Kampung Rawa Biru.

Aksi Pemberian Vitamin

“Kegiatan itu untuk memastikan tumbuh kembang balita dan pemeriksaan bagi Ibu hamil,” ucapnya.

“Kegiatan Posyandu tersebut meliputi penimbangan, ukur tinggi badan, pemberian Vitamin A, Imunisasi, layanan KB, Antenatal Care bagi Ibu hamil, pencegahan Diare dilanjutkan penyuluhan kesehatan, yang kesemuanya adalah untuk memastikan tumbuh kembangnya balita serta ibu hamil,” ungkapnya.

warga perbatasan3
foto | Puspen TNI

Penanganan Balita dan Ibu Hamil

Tidak hanya menggelar Posyandu, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pengobatan bagi warga yang mempunyai keluhan sakit dan tercatat ada 23 warga. Sedangkan 15 balita dan 3 Ibu hamil mengikuti kegiatan Posyandu.

“Apa yang kita lakukan merupakan wujud sinergitas antara Satgas dan instansi kesehatan di wilayah setempat guna memastikan pertumbuhan balita selalu terpantau dengan baik, sehingga daya tahan tubuh balita juga selalu terjaga dari serangan virus maupun kuman, agar tetap sehat dan ceria, sementara ibu hamil memeriksa kesehatan janin dan fisiknya,” jelas Dansatgas.

Gunakan Perahu Tradisional Papua

Dansatgas juga mengatakan diakhir kegiatan diberikan makanan tambahan sebagai asupan gizi bagi balita, karena balita di RT 03 Yakyu harus mendapat asupan vitamin dan gizi tambahan, terlebih karena lokasinya berada di pedalaman serta harus ditempuh menggunakan Ketinting (perahu tradisional Papua) selama 2 ½ jam melewati rawa-rawa.

“TNI dalam hal ini Satgas Pamtas selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, selain menjalankan tugas pokoknya dalam menjaga keamanan di wilayah perbatasan juga memiliki tanggung jawab moral memastikan generasi penerus bangsa agar tumbuh dan berkembang secara sehat,” kata Mayor Inf Rizky Aditya.

Ucapan Terimakasih untuk Satgas

Kepala Puskesmas Sota Ibu Merry S. Gebze mengucapkan terimakasih kepada Satgas Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad atas kerjasamanya pada pelaksanaan kegiatan Posyandu bulanan di RT 03 Yakyu, Kampung Rawa Biru.

“Hadirnya tim kesehatan Satgas, tentunya membuat Puskesmas terbantu dalam memberikan layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat,” katanya.

baca juga | UNTUNG ADA TNI, BERSAMA MASYARAKAT, NKRI UTUH TERJAGA

Seperti diwartakan Topmetro.News sebelumnya, untung ada TNI. Itu yang ada dalam pikiran penulis manakala beberapa waktu lalu, penulis membaca berita tentang penemuan seorang anak yang hilang atas nama Johanis Kanimu berusia 13 tahun. Konon anak tersebut tersesat selama dua pekan di dalam hutan, karena terpisah dengan orang tuanya ketika sedang berburu di Kampung Tanas, Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke-Papua.

kiriman | Puspen TNI

Related posts

Leave a Comment