Dishub Akan Bangun Jembatan Timbang di Jalan Provinsi, Awasi Truk Kelebihan Tonase

jembatan timbang

topmetro.news – Kadishub (Kepala Dinas Perhubungan) Sumut Abdul Haris Lubis menegaskan, pihaknya berencana untuk membangun jembatan timbang di sejumlah ruas jalan provinsi di Sumut. Hal ini untuk mengawasi truk-truk kelebihan tonase serta menjaga ketahanan jalan di daerah ini.

Hal itu ditegaskan Abdul Haris Nasution dalam rapat dengar pendapat Komisi D DPRD Sumut, Senin (11/11/2019), di Gedung DPRD Sumut. RDP itu dipimpin Ketua Komisi D H Anwar Sani Tarigan didampingi Sekretaris Komisi D Edi Susanto Ritonga. Hadir anggota Komisi D Ari Wibowo, Tangkas M Tobing, Aulia Rizki Aksa dan lainnya.

“Kita sudah berencana membangun jembatan timbang secara portable di sejumlah jalan provinsi di Sumut, guna mengawasi truk-truk yang melebihi tonase. Hal ini sangat penting. Demi menjaga ketahanan jalan yang akhir-akhir ini kerap dikeluhkan masyarakat, akibat terjadi kerusakan,” ujar Abdul Haris.

Menurut Kadishub, konsep Ranperdanya sudah disiapkan. Dan anggaran pengadaan jembatan timbang sistem ‘portable’ (bisa dipindah) ini sudah dialokasikan di APBD Sumut 2020 sebanyak 3 unit.

“Target penempatannya di jalan provinsi yang dianggap strategis. Seperti jalan provinsi Bukit Lawang Kabupaten Langkat yang kita ketahui kawasan yang sangat vital dilintasi truk-truk pengangkut Galian C yang kerap melebihi tonase, sehingga merusak jalan,” tegas Abdul Haris.

Selain itu, tambahnya, ruas jalan provinsi di Kabupaten Madina (Mandailing Natal) dan Kabupaten Labuhanbatu. Khususnya di kawasan Pelabuhan Tanjung Sarang Elang yang merupakan kawasan penghasil komiditi perkebunan.

Apresiasi DPRD Sumut

Anwar Sani Tarigan, Tangkas M Tobing dan Ari Wibowo menyampaikan apresiasinya atas rencana pembangunan jembatan timbang tersebut. Mereka berharap segera dibuat kajian akademisinya, untuk selanjutnya dibahas Ranperdanya.

“Sepanjang tidak melanggar aturan, kita di lembaga legislatif siap memfasilitasi pembahasannya. Agar ketahanan jalan provinsi di Sumut semakin baik. Dan jika ini terwujud, akan menjadi kebanggan bagi daerah ini,” ujar Ari Wibowo senada Tangkas Manimpi Tobing.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment