Batubara Akan Jadi Tempat Belajar dan Mitra Baru Tanoto Foundation

satu tahun Tanoto Foundation

topmetro.news – Setelah satu tahun Tanoto Foundation melakukan kegiatan dan pendampingan di Kabupaten Batubara terhadap Modul 1, Technical Adviser Basic Education Stuart Weston lakukan kunjungan langsung guna melihat proses pembelajaran di SD Negeri 013871 Sei Suka serta SMP Negeri 1 Sei Suka Batubara, Jumat (8/11/2019).

Kunjungan Stuart tersebut diungkapkan Plt Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus, kepada media ini, Senin (11/11/2019). Diutarakan Incekli sapaan akrab mantan Kabiro Humas Perprov Sumut itu, bahwa dirinya yang mendampingi Tim Tanoto Foundation di SD Negeri 013871 Sei Suka.

Ilyas menambahkan bahwa tim melihat implementasi hasil pelatihan yang diperoleh dari Program PINTAR. “Sudah bagaimana penerapan konsep MIKIR (Mengalami, Komunikasi dan Interaksi serta Refleksi) dalam penyampaian materi yang diajarkan kepada peserta didiknya.

Demikian juga dalam hal pengaturan tempat duduk harus harus memperhatikan MIA (Mobilitas, Interaksi dan akses). Serta pajangan harus bisa menjadi MASUK (Mobilitas, Apresiasi,Sumber belajar, Umpan balik, Komunikasi).

Interaksi Guru Siswa

Di samping kegiatan diuraikan di atas, dalam kunjungan juga dilakukan interaksi antara guru dan siswa tentang proses pembelajaran. Tim Tanoto Foundation yang dimotori Stuart Weston melihat kinerja kepala sekolah dalam penerapan MBS. Seperti kegiatan paguyuban kelas di SMP dan pembangunan mushola di SD melalui peran serta masyarakat.

Sedang di tempat yang sama kala itu, Yusri Nasution didampingi Bobby Widanto selaku Provincial Koordinator Sumatera Utara serta District Coordinator, mengharapkan kiranya dari hasil kunjungan ke sekolah ini menjadi acuan bagi Tim Tanoto Foundation dalam menentukan standar kualitas program. Dan akan menjadikan sekolah di  Batubara menjadi lokasi studi banding bagi kabupaten lain yang akan menjadi mitra Tanoto.

Di akhir kunjungannya, Stuart Weston mengatakan bahwa atas nama tim, ia sangat senang dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah ikut dalam mensukseskan program ini. Yakni dinas pendidikan, pengawas, kepala sekokah, guru dan orangtua serta siswa.

Kemudian selaku Mitra Tanoto Foundation, dirinya sangat memberikan apresiasi setelah melihat proses pembelajaran yang sedang berlangsung. “Saya melihat interaksi antara siswa dan guru begitu menyenangkan. Sehingga proses pembelajaran berlangsung ceria,” katanya.

Penilaian Tim

Menurut Stuart, siswa aktif dalam kelompok dan pajangan dinding dilihatnya adalah hasil karya siswa-siswa. Dan itu adalah hal yang sangat menyenangkan. Sedang implementasi hasil pelatihan yang Tanoto Foundation berikan dengan Program PINTAR nya, diharapkan dapat menjadikan para guru bisa menerapkan konsep MIKIR dalam penyampaian materi.

Demikian soal pengaturan tempat duduk yang telah memperhatikan pola MIA. Begitu pula dengan pajangan di dalam kelas yang dilihat Stuart, sudah pun menjadi MASUK.

“Kami melihat dan menyaksikan program kerja kepada sekolah dalam peneraban MBS (Manajemen Berbasis Sekolah). Semua ini sangat membanggakan kami. Dan tentunya kita semua dan ke depan sekolah-sekolah mitra kami yang ada Batubara akan kami jadikan sebagai tempat belajar mitra-mitra baru Tanoto Foundation,” kata Stuart mengakhiri.

Pantauan awak media, dalam kegiatan satu tahun Tanoto Foundation itu, hadir juga Squad Tim Tanoto Foundation yang terdiri dari Stuart Weston, Yusri Nasution, Tarwiyah, Bobby Widanto, Kepala SDN 013871 Sei Suka Sri Siswati. Kepala SMPN 1 Sei Suka Sugito. Kemudian turut ikut menyaksikan staf Direktorat Pembinaan Sekokah Dasar Kemendikbud RI, Erni Malik dan Franky.

reporter | Bima IS Pasaribu

Related posts

Leave a Comment