Panggung Hiburan Rakyat Kota Medan Akan Digelar 8 April 2017

TOPMETRO.NEWS – Panggung hiburan rakyat Kota Medan akan kembali digelar dengan nama Panggung Seni dan Budaya (PSB) Kota Medan,hal ini diselenggarakan untuk mengobati kerinduan masyarakat terhadap kesenian dan budaya lokal dikota Medan.

Hal ini terungkap ketika rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Panggung Seni dan Budaya (PSB) Kota Medan dipimpin Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan Budi Hariono,S.STP, di Kantor Walikota Medan, Rabu (5/4). Rapat ini diikuti oleh perwakilan dari masing-masing SKPD dijajaran Pemko Medan dan Perwakilan dari Satlantas Medan.

Dalam paparanya, Budi menyampaikan Panggung Seni dan Budaya (PSB) Kota Medan akan diadakan hari sabtu depan tanggal 8 April 2017, di seputaran Lapangan Merdeka Medan. Dalam PSB Kota Medan tersebut nantinya akan menampilkan 14 etnis budaya yang ada di Kota Medan seperti Melayu,Karo,Toba,Mandailing,Simalungun,Phakpak,Angkola,Nias,Minang,Aceh,Jawa,Cina,Arab dan India.

“Kita akan menampilkan 14 etnis di Kota Medan secara bergantian setiap malam minggunya, untuk malam minggu ini akan ditampilkan etnis melayu, untuk itu kami mengharapkan dukungan dari seluruh SKPD dan pihak terkait lainya demi kelancaran pelaksanaan PSB Kota Medan ini,”kata Budi.

Menurut Mantan Kabag Humas Setda Kota Medan ini, nantinya setiap etnis tampil diharapkan akan hadir para tokoh-tokoh dan masyarakat etnis tersebut, karena tidak adalagi pengkondisisan kehadiran masyarakat dari Kecamatan. Artinya diharapkan adalah keinginan, kecintaan dan kerinduan masyarakat itu sendiri untuk menyaksikkan budaya etnisnya karena kecintaaanya terhadap budayaan lokalnya itu sendiri.

“Atas dasar itu, diharapkan kepada tokoh-tokoh adat dan masyarakat Kota Medan dari berbagai etnis ada di Kota Medan untuk dapat menghadiri dan meramaikan sekaligus menyaksikan pertunjukan Pentas Seni Budaya (PSB) kota Medan diselenggarakan Pemerintah kota Medan melalui Dinas Pariwisata Kota Medan setiap Sabtu Malam,”ungkap Budi.

Selanjutnya Budi juga menjelaskan, disamping penampilan kebudayaan dari etnis, Dinas Pariwisata juga akan menghadirkan kuliner – kuliner sesuai dengan penampilan etnis dan berbagai UKM lainnya. Hal ini dilakukan guna menunjang sektor industri UMKM Kota Medan.

“Pada moment PSB juga akan disediakan tempat bagi komunitas-komunitas tapi terlebih dahulu berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata. Adapun ditampilkan dalam PSB ini diantaranya tarian, musik, cerita rakyat, pemutaran film, kuliner tradisional dan cendramata,”ujar Budi.(TMN/Rb)

Related posts

Leave a Comment