Marc Marquez Sempurnakan Titel Juara Dunia Sebagai Pemenang di Seri Terakhir MotoGP 2019

marc marquez juara dunia motogp 2019

Topmetro.News – Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez sempurnakan titel juara dunia dengan tampil sebagai pemenang. Dalam seri terakhir MotoGP 2019 berlangsung, pada Minggu (17/11/2019) malam di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol.

Tak hanya itu, Marc Marquez juga mengukir rekor baru dengan mengumpulkan lebih dari 400 poin dalam satu musim kompetisi. Hal itu dilakukan Marquez usai memastikan diri sebagai pemenang di seri Valencia.

Memang, jalannya lomba berkangsung ketat, Jack Miller (Pramac Ducati) langsung memimpin di posisi pertama diikuti Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dan Alex Rins (Suzuki Ecstar).

Namun, tidak lama setelah lap pertama Miller disalip Quartararo sehingga status pemimpin balapan pun berpindah tangan. Selain itu, Marc Marquez (Repsol Honda) juga perlahan-lahan memangkas jarak hingga masuk ke posisi tiga besar.

Pada Lap 8, Quartararo akhirnya disalip The Baby Alien –julukan Marquez– di tikungan 11. Selain di depan, perubahan juga terjadi di belakang karena beberapa pebalap jatuh. Pada pertengahan balapan, Cal Crutchlow (LCR Honda) jatuh di tikungan satu.

Tidak lama berselang, pada lap 13 ada tiga pebalap yang jatuh hampir bersamaan di tikungan keenam. Ketiga pebalap itu adalah Danilo Petrucci ( Mission Winnow Ducati), Iker Lecuona (Red Bull KTM Tech3) dan Johann Zarco (LCR). Kemudian beberapa lap berselang Franco Morbidelli (Petronas) juga terjatuh di tikungan keempat.

Banyaknya perubahan di belakang tidak terjadi di posisi tiga besar. Marquez dengan nyaman terus memimpin balapan. Sementara itu, Quartararo yang ada di posisi kedua tidak bisa mendekati Marquez sama sekali. Hal yang sama juga terjadi kepada Miller yang tertahan di posisi ketiga.

Posisi tiga besar akhirya tidak mengalami perubahan hingga balapan selesai. Sementara itu, Andrea Dovizioso (Ducati) dan Rins melengkapi posisi lima besar. Kemenangan yang diraih Marquez memastikan Honda meraih gelar juara kategori tim di MotoGP 2019. Honda akhirnya mempertahankan triple crown yang musim lalu juga mereka raih.(TMN-YOFE)

Related posts

Leave a Comment