Erik Purba Selamat, Kakak Tewas Tenggelam di Danau Toba

Tewas tenggelam di Danau Toba

Topmetro.News – Tewas tenggelam di Danau Toba, begitulah yang dialami Robby Novandi Purba (19) yang berprofesi sebagai pekerja batu bata. Korban yang tercatat sebagai warga Jalan Lembaga Pemasyarakatan, Dusun IV Timur, Desa Tanjung Gusta, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang ini ditemukan tewas tenggelam di Danau Toba.

Tewas Tenggelam di Danau Toba Niat Selamatkan Adik

Peristiwa nahas ini terjadi persisnya di Sampean Desa Sigaol Simbolon, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir, Senin (18/11/2019) sekira pukul 17.30 WIB lantaran berusaha menyelamatkan adiknya.

Sejumlah saksi mata menuturkan awalnya Putra Zebua (18), Erik Purba (18) dan Eben Ezer Zendrato (16) bersama korban Robby Purba, sekira pukul 17.30 WIB, pergi mandi ke Danau Toba di Sampean Desa Sigaol Simbolon Kec.Palipi Kabupaten Samosir.

Teriak Minta Tolong

Saat sedang berenang, Erik Purba (red, adik korban) berteriak minta tolong karena tenggelam. Kemudian korban, Robny Purba, dengan sigap langsung berenang mengejar adiknya untuk memberi pertolongan. Saat itu, korban langsung mendorong Erik Purba ke tempat yang lebih dangkal. Beruntung, Erik Purba selamat. Namun nahas, korban Robby Purba tidak pernah muncul lagi ke permukaan air setelah menolong adiknya itu.

artikel untuk Anda | UNTUNG ADA TNI, BERSAMA MASYARAKAT, NKRI UTUH TERJAGA

Selanjutnya, seperti dilansir medanbisnisdaily, Putra Zebua (18), Erik Purba (18) dan Eben Ezer Zendrato (16) meminta pertolongan warga setempat.

Korban Tenggelam Ditarik ke Daratan

Sekitar 10 menit lamanya korban tidak terlihat, Salomo Simbolon yang saat itu sedang bermain bola kaki langsung berlari dan masuk ke danau untuk ikut mencari korban.

Warga selanjutnya menemukan korban dan menarik korban ke daratan.

Pompa Jantung dan Nafas Buatan

Di daratan, korban langsung diberikan pertolongan pertama dengan cara memompa jantung korban. Tidak itu saja, nafas buatan pun ditiup Erik Purba (adik korban) namun tidak ada reaksi. Kemudian warga yang hadir di sana menaikkan korban ke mobil dan dilarikan ke Puskesmas terdekat.

Di Puskesmas, Korban Sudah ‘Tiada’

Sayangnya, tiba di Puskesmas para medis menyebut korban Robby Purba sudah tiada.

Sekadar diketahui, korban bersama adik korban tercatat baru bekerja sebagai buruh batu bata selama 2 pekan di Desa Sigaol Marbun.

baca juga | NELAYAN TRADISIONAL TENGGELAM DI DANAU TOBA, DITEMUKAN DI KEDALAMAN 20 METER

Seperti diwartakan Topmetro.News sebelumnya, baru-baru ini kasus serupa terjadi. Seorang nelayan tradisional tenggelam di perairan Danau Toba. Korban dilaporkan tenggelam saat mencari ikan persisnya di lokasi perairan sekitar Huta Pollung, Desa Sitamiang Atas, Kecamatan Onan Runggu, Kabupaten Samosir.

Belakangan diketahui, korban bernama Paham Gultom (63) warga Huta Pollung, Desa Sitamiang Atas, Kecamatan Onan Runggu, Kabupaten Samosir. Sayangnya, seperti disiarkan tobatabo, ketika ditemukan korban sudah dalam kondisi meninggal dunia di kedalaman 20 meter.

Sebagaimana dilaporkan Octo Tambunan, Koordinator SAR Danau Toba, kejadian ini pertama sekali diketahui setelah adanya laporan dari Kalak BPBD Kabupaten Samosir yang menghubungi Pos SAR, Sabtu (27/4/2019).

sumber | medanbisnisdaily

Related posts

Leave a Comment