Timnas Indonesia U-22 Hajar Thailand di Laga Perdana Grup B SEA Games 2019

timnas indonesia sea games

Topmetro.News – Timnas Indonesia U-22 memetik hasil positif, dengan menghajar juara bertahan Thailand dengan skor 2-0. Dalam babak penyisihan di Grup B SEA Games 2019 berlangsung, pada Selasa (26/11/2019) sore di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina. Kedua gol Timnas Indonesia U-22, disumbangkan Egy Maulana Vikri (4’) dan Osvaldo Haay (86’).

Timnas Indonesia unggul cepat pada menit empat lewat gol Egy Maulana Vikri. Pemain asal klub Lechia Gdansk itu sukses menceploskan si kulit bundar ke gawang Nont Muangngam dalam situasi kemelut usai sepak pojok yang gagal dihalau lini belakang lawan.

Usai gol tersebut, Indonesia lebih banyak tertekan. Suphanat sempat mengancam gawang di menit 19, tetapi tembakannya berhasil dihalau Nadeo Argawinata sehingga hanya menghasilkan tendangan penjuru. Garuda Muda memang lebih mengandalkan skema serangan balik untuk mengintip peluang.

Skuad asuhan Indra Sjafri baru bisa nyaman mengembangkan permainan ketika memasuki menit 30. Serangan lebih banyak mengandalkan tusukan dan umpan silang dari sisi kiri yang dihuni Saddil Ramdani. Sayang, berbagai kesempatan tidak mampu dimanfaatkan dengan baik.

Permainan kembali dikuasai Thailand memasuki 10 menit terakhir paruh pertama. Suphanat kembali mengancam di menit 40 dengan tembakan dari luar kotak penalti. Beruntung, bola masih meleset dari target.

Pelanggaran Firza Andhika sempat memberikan peluang bagi Thailand di menit-menit akhir via tendangan bebas. Namun, Nadeo mampu menepis bola umpan silang Anon Amornlertsak sehingga skor tetap 1-0 saat turun minum.

Babak Kedua

Kedua kesebelasan sama-sama mengganti pemain di awal babak kedua. Egy Maulana Vikri yang sempat mengalami cedera dengan Feby Eka Putra. Sedangkan Thailand langsung memasukkan dua striker, Supachok Sarachat dan Sitthicok Paso.

Pergantian tersebut sukses membuat Changsuek menguasai jalannya pertandingan di babak kedua. Kapten kesebelasan Anon Amornlertsak sempat berdiri bebas pada menit 52 di kotak penalti. Akan tetapi, tendangan kaki kirinya masih melambung dari gawang Nadeo Argawinata.

Indonesia baru mendapat peluang pertama menit 55 saat Asnawi Mangkualam melakukan overlap. Sayang, bola cungkilannya masih membentur mistar gawang. Bola muntah juga gagal dimanfaatkan oleh pemain lainnya. Tekanan demi tekanan memaksa Indra Sjafri menarik keluar Evan Dimas dan memasukkan Rachmat Irianto guna memperkuat pertahanan di menit 59.

Tusukan Saddil Ramdani menit 75 nyaris menggandakan keunggulan Indonesia. Akan tetapi, tendangan menyilangnya masih sedikit melenceng dari sasaran. Kegagalan yang sama dialami Feby Eka Putra pada menit 83 karena tendangannya ditepis kiper Nont Muangngam.

Indonesia akhirnya mampu menggandakan keunggulan lewat Osvaldo Haay menit 86. Skema serangan balik kembali menjadi andalan. Setelah merebut bola di lapangan tengah, penyerang asal klub Persebaya Surabaya itu mengoper ke arah lari Saddil Ramdani di kiri. Sesampai di depan gawang, Saddil mengembalikan bola kepada Osvaldo yang dengan mudah merobek jaring.

Tambahan waktu lima menit yang diberikan wasit Ismaeel Habib Ali asal Bahrain gagal dimanfaatkan untuk menambah gol hingga pertandingan berakhir. Kemenangan tersebut menjadi modal positif untuk laga selanjutnya melawan Singapura pada 28 November 2019 malam WIB di Stadion Rizal Memorial, Manila.(TMN-YOFE)

Related posts

Leave a Comment