Aquafarm Siagakan 32 Penyelam Bersihkan Kerambah

PT Aquafarm Nusantara

topmetro.news – PT Aquafarm Nusantara siagakan 32 penyelam untuk menjaga kerambah jaring apung, agar tetap bersih. Karena budidaya Ikan Tilapia di Perairan Danau Toba, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara harus tetap sehat.

“Ada 32 penyelam profesional siaga di sekitar lokasi kerambah untuk menjaga kebersihan dan keamanan kerambah,” ujar GM PT Aquafarm Nusantara Juan Carlos pada saat membuka lokakarya media pada Pencapaian Program ‘Kami Peduli Mendukung Masyarakat 2019’ di Hotel Atsari Parapat, Jumat (13/12/2019).

Disebutkan Juan Carlos, penyelam di lokasi tersebut untuk menjaga jaring kerambah tidak robek. Juga untuk mengambil ikan yang mati dalam kerambah. Serta untuk melihat pelapis dasar kerambah yang terbuat dari terpal, agar air Danau Toba tetap bersih dari pencemaran lingkungan.

Untuk membersihkan kerambah, kata Juan, penyelam menggunakan perahu boat memantau empat lokasi kerambah di Perairan Danau Toba. Sehingga tetap aman dan bersih.

” Setiap hari penyelam terbagi dalam beberapa tim untuk memantau kerambah yang robek agar ikan tidak keluar. Dan mengambil apabila ada ikan yang mati. Selain itu memberihkan sampah di sekitar kerambah. Penyelam mengambil kerambah yang robek dan ikan-ikan apabila sudah mati,” ucapnya.

Aquafarm Bantu warga

Para peserta lokakarya media pada Pencapaian Program ‘Kami Peduli Mendukung Masyarakat 2019’ foto bersama | topmetro.news

Masih menurut Carlos yang didampingi Dian Octavia (Community Affairs Senior Manager) dan Kasan Mulyono (External Affairs Senior Manager), PT Aquafarm Nusantara banyak membantu warga sekitar, baik memberikan bantuan alat kesehatan, dan perbaikan sarana pendidikan. Juga memberikan ikan-ikan Tilapia kepada warga sekitar kerambah.

BACA | Dr Ir Binsar Situmorang MSi MAP: Kualitas Air Danau Toba Makin Bersih dan Bebas Sampah

“PT Aquafarm Nusantara banyak membantu warga. Kadang memberikan ikan jumlah banyak. Sebagian dimakan dan sebagian dikeringkan untuk dijual,” ucapnya.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment