KSJ Bagi Sedekah kepada 300 Kaum Dhuafa: Mantap Kali Punya Kapolres Kayak AKBP Ikhwan Lubis SH MH

Komunitas Sedekah Jumat

topmetro.news – Rodiah (38) anak kandung salah seorang janda tua asal salah satu desa di Kecamatan Limapuluh, merupakan penerima santunan. Dia tampak ngoceh-ngoceh di tengah berlangsungnya prosesi acara penyerahan sedekah oleh Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) Belawan di bawah binaan AKBP Ikhwan Lubis SH MH yang kini menjabat sebagai Kapolres Batubara.

Tapi ocehan Rodiah itu bukan berisikan hal negatif. Tidak pula berbau caci maki ataupun fitnah. Sebab ternyata ia malah merasa kagum dengan sosok AKBP Ikhwan Lubis SH MH yang begitu berjiwa religius dan punya sifat sangat dermawan. Apalagi Rodiah pun mendengar cerita bahwa perwira menengah yang baru selama delapan hari menjabat sebagai Kapolres Batubara itu, merupakan salah seorang tokoh pendiri KSJ.

“Bangga punya Kapolres se-alim itu. Apalagi Pak Ikhwan Lubis kutengok begitu sangat peduli untuk berbagi kepada para kaum dhuafa. Tadi Pak Kapolres bilang, KSJ ini kan akan terus berjalan secara berkelanjutan dan menjadi prioritas dari agenda kegiatan sosial Polres Batubara. Jadi kurasa mantap kali lah kita punya kapolres kayak gini,” ucap Rodiah.

Sementara itu, dari data yang terhimpun. Ada tercatat sebanyak 300 paket sembako yang dibagikan kepada kaum dhuafa, janda jompo, dan anak yatim. Acara sedekah ini dilaksanakan di Mapolres Batubara, Jumat (27/12/2019), sekira pukul 10. 00 WIB.

Kapolres Batubara pada kesempatan itu mengatakan, bahwa Sedakah Jumat Barokah akan rutin dilakukan. “Hari ini ada yang awal diselenggarakan di Mapolres Batubara. Nantinya Sedakah Jumat Barokah akan terus dilakukan dan dibagikan langsung ke tengah masyarakat yang membutuhkan di setiap desa yang berada di kabupaten Batubara secara bergantian, bersama Tim KSJ dan Forkopimda serta relawan yang tergabung,” tegasnya.

Kehadiran KSJ

Kapolres menjelaskan, KSJ telah terbentuk sejak lama dan sudah pula dilakukan di wilayah Belawan dan daerah lainnya. Semoga dengan hadirnya KJS di Batubara akan sangat bermanfaat bagi anak yatim dan kaum dhuafa, janda jompo serta para fakir miskin. “Karakter wilayah Belawan itu mirip dengan Kabupaten Batubara. Demikian kondisi perekonomian wilayah pesisir yang masih ditemui warga miskin. Maka kami pikir, Batubara juga harus memiliki relawan KSJ yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat dan ikut berperan serta,” harapnya.

Berdasarkan pantauan media ini, hadir Bupati Batubara Ir H Zahir MAP dan Wakil Bupati Oky Iqbal Prima SE. Juga Wakapolres Kompol Erwansyah Putra SH MH, Ketua Kadin Batubara OK Faizal Rayhan SE, anggota DPRD Batubara Darius, Kajari Batubara, mewakili Dandim 0208/AS, Danyon 126 KC Letkol (Inf) Mulyo Junaidi serta unsur OPD lainnya.

H Zahir MAP sendiri, langsung mengapresiasi KSJ serta program Sedekah Jumat. Dia menegaskan dirinya siap mendukung Kapolres Batubara dalam upaya menciptakan kamtibmas di seluruh wilayah hukumnya. Zahir juga mengatakan, di kabupaten itu masih banyak pengedaran narkoba dari daerah luar.

“Sebab itu, ini bukan hanya tanggung jawab Kapolres saja. Tapi merupakan tanggung pemerintah juga. Maka marilah kita bersama-sama mengatasi masalah gangguan kamtibmas terutama masalah narkoba di Kabupaten Batubara,” kata Zahir seraya berharap KSJ akan lebih baik lagi untuk mengembangkan Sedekah Jumat Barokah.

reporter | Bima IS Pasaribu

Related posts

Leave a Comment