Anggota DPR RI ‘Gelontorkan’ Puluhan Paket Proyek APBN ke Karo

pembangunan di Kabupaten Karo

topmetro.news – Anggota Komisi V DPR RI Bob Andika Mamana Sitepu SH ‘menggelontorkan’ puluhan paket proyek senilai puluhan miliar rupiah yang anggarannya bersumber dari APBN, untuk peningkatan pembangunan di Kabupaten Karo.

“Ada pun paket proyek yang ditargetkan dimulai pada 2020 ini, di antaranya, paket Program Pengembangan lnfrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) di 18 desa, Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di dua Kelurahan Kecamatan Kabanjahe dan Berastagi,” ujar Bob Andika Mamana Sitepu kepada wartawan, Selasa (10/3/2020), usai melakukan kegiatan reses di Desa Sukandebi Kecamatan Naman Teran Karo.

Selain itu, katanya, ada program bedah rumah sebanyak 652 unit yang tersebar di sejumlah desa di Karo. Lalu pembangunan 4 unit jembatan gantung di 4 desa. Yakni Desa Kutamale, Desa Pergendangen, Desa Perbesi, dan Desa Merdeka. Pembangunan embung 2 di Desa Gung Pinto dan di relokasi Siosar.

Di samping itu, tambah Bob, ada paket pembangunan Terminal Kabanjahe yang akan dimulai dalam waktu dekat. Lalu lanjutan pembangunan Dermaga Tongging. Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) IKK Merek. Rehabilitasi Irigasi Payalahlah di Kecamatan Laubaleng Mardinding.

Tahun 2020 ini juga ada pembangunan Cantilever di Jalan Medan – Berastagi untuk mengatasi kemacetan. Juga lanjutan pelebaran jalan nasional jurusan Kabanjahe – Simpang Ujung Aji sepanjang 850 meter.

Kegiatan Reses Bob Andika yang dimulai sejak 6 Maret – 9 Maret 2020 itu disambut antusias Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH dan sejumlah OPD Karo, seraya berharap agar anggaran pembangunan tetap difokuskan ke Kabupaten Karo.

Program Usulan

Bob Andika mengaku, dari sejumlah program tersebut ada yang sifatnya usulan. Seperti program bedah rumah, pembangunan embung, pengadaan bibit kentang, kopi, air bersih, jalan usaha tani, jalan penghubung desa dan pengembangan Desa Wisata. Jika masyarakat menginginkan, akan dilanjutkan setelah kegiatan reses selesai.

“Kita akan tetap koordinasi dengan pemerintah Kabupaten Karo. Apapila merasa memerlukan bantuan pemerintah pusat, kita akan fasilitasi. Sebab target kita dari awal untuk membangun Karo dan sejumlah daerah lainnya,” tandasnya.

Menyikapi banyaknya program yang digelontorkan Bob Andika Mamana Sitepu ke Karo, Bupati Karo Terkelin Brahmana melalui Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi MSi sangat mengapreisasi. Juga mengucapkan terima-kasih sebesar-besarnya dan berharap pelaksanaan program 2020 itu bisa berjalan lancar.

“Dengan banyaknya program yang digelontorkan ke Karo, masyarakat sangat terbantu. Apalagi diketahui Pemkab Karo memiliki APBD yang jumlahnya sangat terbatas. Kita bangga memiliki perwakilan di DPR RI seperti Bob Andika Mamana Sitepu yang begitu peduli terhadap Karo,” tandas Nasib.

Pada prinsipnya, tambah Nasib Sianturi, Pemkab Karo siap terus berkoordinasi dengan Bob Andika Mamana Sitepu, guna kepentingan masyarakat dan pembangunan di Karo. “Kami juga berharap agar Bob Andika tetap mengawal usulan Pemkab Karo ke pemerintah pusat, agar terealisasi,” katanya.

reporter | FP Pinem

Related posts

Leave a Comment