Forsase Siap Berkolaborasi dengan Pemkab Karo Gairahkan Kunjungan Wisata

kunjungan wisata ke Karo

topmetro.news – Ketua Umum Forsase (Forum Sosial Seniman Ermediate) Sudarto Sitepu siap berkolaborasi dengan Pemkab Karo untuk menggairahkan kunjungan wisata ke Karo. Khususnya yang berkaitan dengan seni dan budaya.

Hal itu diungkapkan Sudarto Sitepu didampingi para seniman yang tergabung dalam Forsase: Handay Tarigan, Yohanna Br Ginting, Anita Br Sembiring, Karianta Br Tarigan, Jovri Tarigan, Dini Br Tarigan, Bram Barus, Ucok Pinem, Rosa Br Sembiring, Berti Munthe, dan Dewan Pengawas Forsase Rosani Br Tarigan saat beraudiensi dengan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH, Rabu (11/3/2020), di Kantor Bupati Karo.

Dalam audiensi sekaligus memperkenalan pengurus Forsase yang baru terpilih, Sudarto Sitepu menyampaikan keinginannya ke bupati untuk memajukan pariwisata di Karo. Mengigat Karo sangat kaya akan seni dan budaya serta terkenal dengan sejumlah objek wisatanya. Sehingga perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menambah PAD Karo.

Sudarto Sitepu yang dikenal dengan penyanyi dan pencipta lagu-lagu Karo ini juga menyampaikan keinginan Forsase untuk berbuat yang terbaik. Terutama bidang seni, sosial dan budaya. Sekaligus melestarikan budaya kearifan lokal, agar jangan sampai punah.

“Kami dari Forsase berkewajiban untuk menjaga, melestarikan dan menumbuh kembangkan seni budaya Karo. Sekaligus ingin lebih meningkat kan taraf hidup para pelaku seni Karo yang selama ini masih kurang terpublikasi ke seluruh tanah air,” ujar politisi Partai Nasdem ini.

Apresiasi Forsase

Dalam pertemuan tersebut, ujar Sudarto, Forsase juga meminta arahan dari Bupati Karo bagaimana cara agar dana desa bisa digunakan untuk peningkatan seni budaya. Khususnya dalam perayaan pesta tahunan di sejumlah desa di Karo.

“Kita juga sangat berharap agar Bupati Karo membuat surat edaran ke seluruh desa di Karo. Agar setiap ada hiburan pesta tahunan (Kerja Tahun) wajib mempergunakan musik tradisional Karo (Gendang Lima Sada Dalanen dan Perkolong-kolong) yang mampu menyanyikan lagu ‘pemasu-masun’, ” tegas Sudarto.

Menanggapi gagasan dan usulan itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana sangat mengapresiasi kesediaan Forsase berkolaborasi dengan Pemkab Karo untuk menggairahkan kepariwisaan di Karo.

“Gagasan Forsase itu patut kita dukung dan akan segera kita buat surat edaran terkait dengan pelestarian Budaya Karo. Sekaligus melestarikan alat-alat musik tradisional Karo di setiap acara pesta tahunan. Agar musik dan budaya kebanggaan Karo jangan sampai punah. Ini harus kita wariskan kepada anak cucu kita,” ujar Terkelin Brahmana.

Terkait adanya keinginan mempergunakan dana desa untuk pembiayaan acara budaya pesta tahunan, Bupati Karo berjanji akan mentelaahnya sesuai aturan yang berlaku. Jangan sampai menimbulkan persoalan hukum nantinya.

reporter | FP Pinem

Related posts

Leave a Comment