Bupati Karo dan Forkopimda Sidak ke Perusahaan yang Pekerjakan TKA

perusahaan yang mempekerjakan TKA

topmetro.news – Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH bersama unsur Forkopimda (Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono) sidak ke perusahaan PT Karo Bumi dan PT Ala Bana Energy di Kandibata Karo yang mempekerjakan TKA (Tenaga Kerja Asing). Hal itu untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona.

Sidak juga diikuti Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi MSi dan Kadis Ketenagakerjaan Adison Sebayang. Serta sejumlah personel TNI/Polri dan Satpol PP untuk memastikan kondisi TKA di kedua perusahaan asing tersebut.

Menurut Bupati Karo, tindakan yang mereka lakukan untuk memastikan kabar, bahwa beberapa bulan yang lalu, ada TKA baru masuk diperkerjakan di kedua perusahaan tersebut.

Namun setelah dicek langsung, tambah Bupati Karo, tidak ada TKA yang lain masuk ke wilayah Karo. Khususnya di Kandibata, tempat lokasi perusahaan tenaga listrik tersebut. Hal ini perlu diketahui masyarakat agar tidak menimbulkan keresahan.

Rombongan Forkopimda menekankan kepada perwakilan PT Karo Bumi Energy, apabila ada TKA yang baru masuk segera dilaporkan kepada Kepala Desa Kandibata, supaya tertib adminitrasi. Kemudian bisa segera disosialisasikan ke masyarakat, agar jangan ada kekhawatiran adanya TKA terpapar Virus Corona (Covid-19).

Hoaks Terkait Corona

Dalam kesempatan itu, Terkelin juga menghimbau kepada seluruh masyarakat jangan panik dan jangan percaya hoaks. Lakukan cuci tangan setiap waktu dan jaga kebersihan untuk menghindari terjangkit dari Virus Corona.

Sementara itu, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono meminta kepada pihak perusahaan yang memperkerjakan TKA supaya terlebih dahulu melengkapi dokumen dokumen adminitrasinya. Salah satunya KITAS (Kartu Ijin Tinggal Terbatas). Juga dilakukan pemeriksaan kesehatan yang tidak bermasalah dari Dinas Kesehatan.

“Libatkan Babinkamtibmas dan Babinsa dalam pendataan TKA, jika ada yang masuk bekerja ke perusahan itu. Hal ini salah satu cara ampuh mencegah Virus Corona berkembang di tengah masyarakat,” ujarnya. Ditambahkannya, segera lakukan penanganan secepatnya, jika ada TKA yang terpapar Virus Corona.

Hal senada juga dikemukakan Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal. Kedatangan Forkopimda ke perusahaan itu untuk menepis hoaks yang berkembang. Bahwa PT Karo Bumi Energy dan PT Ala Bama Energy banyak merekrut dan memperkerjakan TKA.

Tindakan gerak cepat ini untuk menimalisir dan memastikan bahwa tidak ada TKA yang terpapar Virus Corona di kedua perusahaan tersebut. Namun demikian sebagai wilayah teritorial, diminta libatkan Babinsa, jika ada penambahan TKA, guna pendataan lebih lanjut.

Tak ada TKA Baru

Sementara Kades Kandibata Puji Tarigan menyesalkan PT Karo Bumi Enegery dan PT Ala Bama Energy yang selama ini tidak pernah melaporkan tenaga kerja lokal maupun TKA bekerja di perusahaan itu. Sehingga masyarakat merasa khawatir dengan terpaparnya Virus Corona.

Edwin Siburian mewakili pihak perusahaan mengaku, setahunya tidak ada anggota TKA yang baru masuk ke perusahannya bekerja saat ini. Namun ke depan sepakat akan disampaikan kepada perangkat desa, apabila ada tenaga kerja lokal maupun TKA yang baru masuk.

reporter | FP Pinem

Related posts

Leave a Comment