Tiga Tahanan Kabur dari LP Tanjungbalai Ditangkap di Semak Belukar

Tiga tahanan

topmetro.news – Tiga tahanan kasus narkoba yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungbalai, Sabtu (21/3/2020) dinihari berhasil ditangkap dalam hitungan jam.

Ketiga tahanan kasus narkoba yang perkaranya masih dalam penanganan Polres Tanjungbalai itu, berhasil diringkus petugas gabungan dari Lapas dan Satres Narkoba Polres Tanjungbalai, Sabtu (21/3/2020) sekira pukul 18.15 WIB, di Desa Sei Nangka, Kecamatan Sei Kepayang, Asahan.

Penangkapan ketiga tahanan tersebut melibatkan puluhan petugas Sipir dibantu personel Satres Narkoba dan Satreskrim Polres Tanjungbalai, serta sejumlah wartawan turut serta dalam pencarian itu.

Tiga Tahanan Kasus Narkoba

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Tanjungbalai, Jayanta didampingi Kasatres Narkoba AKP Jani Purba, Kasat Reskrim AKP Rapi Pinakri, Kepala KPLP Monang Saragih, mengatakan kepada sejumlah wartawan di lokasi penangkapan, ketiga tahanan kabur itu ditangkap dari sebuah rumah di Sei Nangka, Kecamatan Sei Kepayang, Asahan.

Ketiga tahanan ini titipan dari Polres Tanjungbalai. Ketiganya terlibat kasus narkoba. Mereka kabur Sabtu (21/3/2020) sekira pukul 03.30 WIB, menggunakan kain,”ujar Jayanta.

Meski berhasil kabur dari dalam sel tahanan Lapas Kelas IIB Tanjungbalai, hanya dalam hitungan jam ketiganya berhasil tertangkap. Belum diketahui identitas ketiga pelaku, namun menurut Jayanta dua di antaranya warga Aceh dan seorang warga Tanjungbalai.

Upaya penangkapan berlangsung alot. Pasalnya, setelah tim gabungan dari Lapas dan Polres Tanjungbalai mengetahui lokasi persembunyian ketiganya, petugas sempat kewalahan karena ketiga tahanan tersebut berusaha kabur ke dalam semak-semak di tengah kebun kelapa.

“Ketiganya bersembunyi di dalam rumah papan di tengah kebun kelapa. Saat hendak ditangkap mereka kabur ke dalam hutan, tapi dua orang berhasil ditangkap sekira pukul 2 siang. Sedangkan seorang lagi bernama Fadli ditangkap sekira pukul 18.15 WIB.

“Rekan-rekan wartawan kan melihat bagaimana penangkapan Fadli. Saya sangat berterima kasih kepada Ketua PWI Tanjungbalai Usni Panjaitan dan rekan -rekan wartawan lainnya yang turut membantu mencari dengan menyisir semak belukar. Berkat bantuan dan kerja keras anggota bersama Polres dan wartawan, akhirnya kita berhasil meringkus Fadli,”tegas Jayanta berterima kasih.

Sebelum tertangkapnya Fadli, upaya penyisiran terus dilakukan di sekitar semak belukar yang berada di tengah kebun kelapa. Menjelang maghrib, upaya pencarian membuahkan hasil. Fadli yang sedang bersembunyi di rimbunnya semak belukar berhasil ditemukan. Selanjutnya ketiga tahanan ini dibawa ke Polres Tanjungbalai guna pemeriksaan intensif.

Hingga berita ini dikirim, ketiga tahanan tersebut sedang dalam pemeriksaan di Satres Narkoba Polres Tanjungbalai.

Reporter | Rahmadi Tamba

Related posts

Leave a Comment