Gubernur Sumut: Honor Tenaga Medis Tangani Corona Rp 7,5 Juta-Rp 15 Juta/Bulan

Gubernur Sumut

topmetro.news – Gubernur Sumut (Sumatera Utara) Edy Rahmayadi, mengharapkan para tenaga medis bekerja setulus hati menangani pasien yang terpapar virus corona (covid-19) di Sumut. Kepada para tenaga medis yang bertugas di rumah sakit rujukan covid-19 di Sumut, Edy yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut itu, juga menyiapkan honor.

Disiapkannya Rp15 juta per bulan untuk dokter spesialis, Rp10 juta untuk dokter umum dan Rp 7,5 juta untuk perawat dan bidan.

Nilai Rp7,5 juta itu juga disiapkan untuk tenaga pendukung, seperti petugas cleaning servis, petugas administrasi, pengamanan dan lainnya yang terlibat.

Gubernur Sumut Merujuk Aturan Menpan

Gubernur Sumut Edy mengatakan kebijakan besaran pemberian honor atau tunjangan bagi para tenaga medis itu merujuk pada peraturan menteri keuangan.

Selain itu, bila kemungkinan terburuk terjadi kepada mereka akibat penanganan pasien covid-19, seperti meninggal dunia, Gubernur Edy menyiapkan santunan Rp300 juta per orang yang diberikan kepada keluarga.

Tidak hanya itu, anak-anak sekolah dari mereka yang meninggal dunia, dijanjikan Edy Rahmayadi disekolahkan hingga lulus kuliah.

“Tapi jangan pula kau harapkan itu kau terima, jangan ya,” ujar Gubernur Sumut Edy dalam arahannya di hadapan para tenaga medis, saat peresmian operasi RSU Martha Friska Multatuli Medan sebagai rujukan covid-19, Kamis (2/4/2020).

Baca Juga: Pemkab Deliserdang, PT Galatta Lesatrindo dan Muspika Delitua Semprotkan Disinfektan

Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan, menambahkan, honor bagi para tenaga medis yang menangani pasien covid-19 itu bukan dari pusat, tetapi dari Pemprov Sumut. Namun ia tak merinci berapa total dana yang disiapkan.

Para tenaga medis saat itu tampak senang dengan honor yang dijanjikan Gubernur Sumut tersebut. Sempat ada seseorang yang meminta agar honor perawat lebih tinggi lagi. Namun Edy memberi pengertian dan akhirnya disepakati.

“Sebenarnya honor ini jadi stimuluslah, penyemangat kita sebenarnya. Namun yang terpenting adalah keikhlasan kita semua ikut mengabdi untuk melawan covid ini,” ujar salah seorang tenaga medis.

Penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment