Pemkab Asahan Musrembang Melalui Video Conference

Pemkab Asahan

topmetro.news – Bupati Asahan, H. Surya BSc didampingi para Asisten Pemkab Asahan membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021 melalui video conference di ruang kerja Bupati Asahan, demikian dikatakan Kepala Bappeda Asahan, Zainal Arifin Sinaga MH. Selasa (14/4/2020).

Lebih lanjut, Zainal menyampaikan pelaksanaan Musrenbang kali ini melalui video conference yang terhubung langsung dengan Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara di Medan. Termasuk seluruh OPD dan Camat di kantor masing masing.

“Musrenbang RKPD bertujuan untuk membahas dan menyepakati prioritas pembangunan daerah serta pagu indikatif berdasarkan Musrenbang yang dilaksanakan dari tingkat Desa/Kelurahan sampai Kecamatan  beberapa waktu yang lalu. Musrenbang RKPD di gelar selama 2 hari (14 -15 April),” kata Zainal.

Wabah Covid-19 Tidak Mengurangi Keseriusan Pemkab Asahan Laksanakan Musrenbang

Sementara Bupati Asahan mengatakan karena wabah covid-19, pelaksanaan Musrenbang digelar melalui video conference. Namun hal ini tidak mengurangi keseriusan kita dalam menyusun Musrenbang RKPD Asahan tahun 2021. Pelaksanaan Musrenbang tahun ini dalam kondisi yang sangat memperihatinkan karena adanya pandemi covid 19.

Musrenbang sesuai surat edaran Mendagri Nomor 440/2552/.SJ tanggal 23 Maret 2020 tentang pelaksanaan Musrenbang RKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota yang harus tetap dilaksanakan melalui video conference dan tetap mengindahkan protokol penanggulangan covid 19.

Penyusunan Program di Tahun Terakhir

Musrenbang kali ini, merupakan penyusunan program di tahun terakhir guna pencapaian visi misi yang telah tertuang dalam RPJMD Asahan tahun 2016-2021. Kita harus memperhatikan akselerasi pembangunan dalam mewujudkan visi misi.

Musrenbang ini akan menjadi media inspiratif bagi segenap stakeholder untuk mendukung kegiatan, program dan anggaran di tahun berikutnya. Perlu dilakukan sisi penajaman program prioritas untuk RPJMD akhir 2016-2021 agar seluruh visi misi tercapai.

“Pembangunan Sumber Daya Manusia, Peningkatan Infrastruktur dan Memperkuat Ketahanan Ekonomi dalam Mewujudkan Asahan yang Religius, Mandiri dan Sejahtera adalah tema Musrenbang tahun ini,” kata Bupati.

Imbauan Bupati

Kepada OPD, Camat, Lurah, Kades  dan masyarakat agar bersungguh sungguh dan berupaya untuk mewujudkan komitmen yang telah dibangun bersama yaitu mewujudkan Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri. Namun dengan memperhatikan kegiatan yang mendukung pencapaian indikator yang telah ditetapkan dalam dokumen RPJMD. Kegiatan yang diusulkan tetap mendukung prioritas  pembangunan pusat dan provinsi dan prioritaskan kegiatan yang belum terselesaikan pada tahun sebelumnya dalam mendukung program tuntas.

Bupati mengimbau kepada seluruh OPD dan ASN untuk berperan aktif dalam membantu tim gugus tugas percepatan penanggulangan covid 19 dengan membatasi kegiatan di luar rumah. Kepada seluruh Camat saya himbau untuk tetap memantau kondisi masyarakat. Termasuk juga mendorong pelaksanaan budaya hidup bersih dan tetap mengaktifkan posko gugus tugas yang ada di Kecamatan masing masing.

Gubsu dalam sambutannya yang disampaikan Kepala Bappeda Provsu, Hasmirizal Lubis MSi  mengapresiasi Kabupaten Asahan yang telah melaksanakan Musrenbang RKPD. Walaupun dalam situasi pandemi covid 19 melalui video conference.

Reporter | Muhammad Adenan

Related posts

Leave a Comment