Bupati Karo: Jembatan Merah Putih Tuntas Dikerjakan di Tengah ‘Guncangan’ Covid

Jembatan Merah Putih Karo

topmetro.news – Pemkab Karo merasa lega atas tuntasnya pengerjaan pembangunan Jembatan Merah Putih di Desa Kacaribu yang anggarannya bersumber dari APBD Karo Tahun 2019. Jembatan ini memiliki arti dan historis sepanjang sejarah di Bumi Turang. Karena finishnya proyek di tengah adanya ‘guncangan’ Virus Corona.

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH mengapresiasi Kodim 0205/TK di bawah Komando Letkol Inf Taufik Rizal Batubara. Dimana Kodim 0205/TK berhasil menyelesaikan program TMMD Reguler ke-107 Tahun 2020, di saat seluruh dunia sedang resah diguncang penyebaran wabah pandemi Corona.

“Ini menjadi catatan sejarah bagi Kabupaten Karo dan TNI khususnya. Sebuah jembatan yang dibangun dalam kondisi pandemi Covid-19 dengan mengikuti protokol kesehatan demi keselamatan dan kesehatan bagi prajurit TNI dan elemen masyarakat lainnya, akhirnya jembatan tuntas dikerjakan,” ujar Bupati Karo kepada wartawan, Jumat (24/4/2020), di sela-sela meninjau kesiapan Command Center di Kantor Bupati.

Terkelin menambahkan, setiap nama ditabalkan maupun diberikan pasti memiliki makna dan arti tersendiri. Seperti nama Jembatan Merah Putih identik dengan suatu perjuangan dengan keberanian.

“Kita patut berbangga, Dandim 0205/TK telah menunjukkan semangat yang gigih, dedikasi, loyalitas dan kemampuan teritorialnya. Dapat dirasakan masyarakat Karo, dengan terciptanya jalan penghubung antar provinsi, antar kabupaten, antar kota, antar desa. Dan lebih khusus antar kelurahan,” sambungnya.

Jembatan Lambang Sejarah

Sementara Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batubara membenarkan, Jembatan Merah Putih yang baru selesai dibangun jajarannya merupakan bagian dari program TMMD Reguler ke-107. Jembatan itu berlokasi di Desa Kacaribu Kecamatan Kabanjahe.

Taufik mengaku sependapat dengan Bupati Karo. Bahwa Jembatan Merah Putih identik dengan suatu perjuangan yang luar biasa. Dan pemberian nama jembatan ini, memiliki arti, makna, kisah. Serta akan mengukir catatan sejarah di Pemkab Karo, TNI, dan masyarakat Karo.

Selain itu, katanya, akan menjadi kenangan sepanjang masa, keberadaan Jembatan Merah Putih, karena dapat dirasakan setiap orang yang akan lintas. Dan tentunya akan mengetahui di Karo ada namanya Jembatan Merah Putih hasil karya TMMD Reguler ke-107.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment