Bupati Taput Kembali Menerima Opini WTP untuk Keenam Kalinya

LKPD Kabupaten Taput Tahun 2019
Advertisement

topmetro.news – Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi didampingi Ketua DPRD Taput Poltak Pakpahan, Inspektur Manoras Taraja, Kepala BPKPAD James Simanjuntak, menerima Laporan Hasil Pemeriksaan atas LKPD Kabupaten Taput Tahun 2019 dengan Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

Laporan itu disampaikan Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sumatera Utara Eydu Oktain Panjaitan, di Balai Data Kantor Bupati Tapanuli Utara, Tarutung, Senin (27/4/2020). Penyerahan dilaksanakan melalui saluran video conference.

Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sumatera Utara mengatakan bahwa Kabupaten Tapanuli Utara yang menyampaikan laporan keuangannya pada 26 Pebruari 2020 lalu adalah tepat waktu diterima BPK. Dilanjutkan selama 60 hari dilakukan pemeriksaan.

“Selamat kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara karena hasil hasil opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Ini merupakan Opini WTP ke-6 yang diraih Tapanuli Utara secara berturut-turut sejak tahun 2014. Ini suatu pencapaian prestasi. Dan kami yakin dan berharap akan bisa diwujudkan dalam pelayanan masyarakat untuk lebih sejahtera,” ucap Eydu Ottain dalam video conference tersebut.

Dikatakan lagi, pihaknya (BPK RI) mengpresiasi atas kinerja dan komitmen yang keras dari Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara. “Terimakasih kepada Bupati dan dukungan ketua DPRD. Sehingga pemeriksaan oleh BPK berjalan dengan baik,” ujar Eydu mengakhiri.

Respon Bupati Taput

Terlihat, selebrasi Bupati Taput Nikson Nababan tidak berlebihan, meskipun hasil penilaian BPK ini sebenarnya sebuah prestasi luar biasa. Ini diprediksi akibat di saat bersamaan,Tapanuli Utara masuk zona kuning setelah seorang pasien PDP atas nama TS dinyatakan positif melalui swab test.

“Menjadi momen yang sangat penting bagi kami di tengah pandemi Covid-19 dengan media jarak jauh menerima opini WTP ini. Terimakasih kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara yang telah melaksanakan audit atas laporan keuangan Pemkab Taput Tahun Anggaran 2019 dengan Opini WTP. Kami menyadari pasti tidak sempurna. Masih ada kelemahan-kelemahan kami dalam menyajikan LKPD ini. Tetapi telah kami lakukan pengendalian intern dan pencegahan penyimpangan semaksimal mungkin sebagai langkah antisipatif untuk mencegah kebocoran uang negara,” papar Bupati.

Tak lupa, Bupati Taput juga berterimakasih juga atas keseriusan seluruh jajaran, Sekda, BPKPAD, inspektur, dan seluruh OPD. “Ke depannya perlu semakin memperbaiki kinerja, harus mampu meningkatkan kinerja. Kita akan melaksanakan pemeriksaan internal yang semakin ketat oleh inspektorat,” tukas Bupati.

Ketua DPRD Taput Poltak Pakpahan juga menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya yang secara independen, obyektif, dan profesional berdasarkan standar pemeriksaan untuk menilai kebenaran, kecermatan dan akuntabilitas.

“DPRD Taput akan terus ikut serta dalam perencanaan dan pengawasan terutama dalam pengelolaan anggaran daerah. Sehingga akan tercipta hasil yang maksimal,” ujar Ketua DPRD Taput.

reporter | Jan Piter Simorangkir

Advertisement

Related posts

Leave a Comment