Bupati Asahan Safari Ramadhan ke Masjid Al-Falah Pulau Rakyat

Masjid Al-Falah

topmetro.news – Bupati Asahan, H. Surya BSc melakukan Safari Ramadhan perdana ke Masjid Al-Falah Dusun VI Desa Manis Kecamatan Pulau Rakyat, Rabu (29/4/2020).

Kunjungan Bupati Asahan didampingi Kadis Kominfo, H. Rahmat Hidayat Siregar Ssos MSi, Kepala Bagian Kesra, Ali Muhgofar SSos dan Kepala Bagian Protokol, Darwin Lubis SSTP.

Ketua BKM Masjid Al-Falah, Muhammad Ridwan mengucapkan selamat datang kepada Bupati Asahan dan rombongan. Masyarakat sangat antusias melaksanakan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lain, tidak ada perubahan sama sekali tetap seperti tahun-tahun sebelumnya. Masyarakat siap mendukung program dan terwujudnya visi misi Pemkab Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri. Masyarakat juga siap mengikuti imbauan pemerintah dalam pencegahan virus corona.

Bantuan Untuk Masjid Al-Falah

Bupati Asahan memberikan bantuan kepada BKM Al-Falah berupa 1 buah jam digital dan uang sebesar Rp 2.000.000 dan santunan kepada 25 kaum dhuafa dan anak yatim sebesar Rp 200.000/orang.

Bupati Asahan mengatakan pelaksanaan Safari Ramadhan tahun 1441 H/2020 M ini agak sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, yang mana pada tahun ini Safari Ramadhan kita laksanakan usai shalat Dzuhur dengan jumlah jamaah tidak  lebih dari 20 orang. Hal ini kita lakukan untuk mencegah penyebaran virus covid-19. Safari Ramadhan sebelumnya dilaksanakan setelah sholat Isya dengan jumlah jamaah tidak dibatasi.

Bupati Asahan mengimbau kepada BKM agar dalam melaksanakan ibadah diharapkan mengikuti protokol kesehatan pencegahan covid-19 seperti, mensterilkan lantai (mengepel), jamaah memakai masker, menyiapkan tempat cuci tangan, tidak bersentuhan, tidak menggunakan karpet dan jamaah diharapkan membawa sajadah sendiri.

Mempersingkat waktu pelaksanaan sholat tarawih dengan tidak mengabaikan rukun dan syarat dan setelah usai salat tarawih diharapkan segera pulang ke rumah untuk melaksanakan tadarus Al-quran dan amaliah lainnya. BKM diimbau untuk selalu memantau jamaah shalat tarawih yang datang dari luar daerah guna menghindari penyebaran covid-19. Orang yang berstatus ODP, PDP dan OTG dilarang untuk menghadiri salat berjamaah di masjid/lapangan.

BKM Masjid Al-Falah dalam menyediakan menu berbuka dalam bentuk kemasan, jaga kebersihan, kesehatan dan tidak menerima jaburan. Umat Islam senantiasa membantu masyarakat yang kurang mampu, meningkatkan infaq, wakaf, sedekah dan menyegerakan pembayaran zakat mal, zakat fitrah di awal Ramadhan. Seandainya ada, diharapkan masyarakat untuk tidak menolak jenazah suspect covid-19 yang akan dimakamkan di tempat pemakaman umum setempat.

Pelaksanaan Sholat Idul Fitri Mengikuti Protokol Covid-19

Pelaksanaan sholat Idul Fitri dianjurkan di lapangan yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi dengan mengikuti protokol covid-19. Tidak melakukan mudik atau bepergian ke luar kota. Apabila ada jamaah yang terganggu kesehatannya, maka BKM segera menghubungi gugus tugas covid-19 Kabupaten Asahan di nomor 0811-6796-119 atau (0623) 347-924 atau petugas kesehatan setempat.

Baca Juga: Pemkab Asahan Siapkan Rp26,8 M Percepatan Penanganan Covid-19

Ustadz H Salman Abdullah Tanjung dalam tausiyahnya di Masjid Al-Falah mengajak seluruh jamaah untuk melaksanakan ibadah puasa dan ibadah lainnya dengan penuh kesabaran dan keikhlasan sehingga ibadah kita diterima Allah SWT. Setiap melaksanakan ibadah tetap mengikuti imbauan pemerintah sehingga kita dapat memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 di Asahan.

Kita jangan saling menyalahkan satu dengan yang lain tetapi marilah kita saling mendukung dan bergandengan tangan dalam memutuskan mata rantai penyebaran virus covid-19 di Asahan”, kata Ketua MUI Asahan ini.

Reporter | Muhammad Adenan

Related posts

Leave a Comment