Besok, Pengumuman Kelulusan SMA dan SMK di Sumut Via Daring

jalur zonasi

topmetro.news – Besok, Sabtu (2/5/2020), secara serentak seluruh Sekolah Menegah Atas (SMA) dan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) di Provinsi Sumatera Utara akan mengumumkan kelulusan siswa kelas XII yang akan disampaikan secara daring.

Hal itu dilakukan dalam upaya meminimalkan risiko penyebaran Virus Corona penyebab Covid-19.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Arsyad Lubis melalui Kepala Bidang (Kabid) SMA Drs Mohm Ikhsan LubiS MM kepada topmetro.news, Jumat (1/5/2020).

Pengumuman Kelulusan SMA dan SMK Secara Online

“Jadi tidak ada pengumuman di sekolah. Pengumuman akan dilakukan secara online atau daring oleh pihak sekolah. Dan bagi siswa yang tidak mempunyai HP Android pihak sekolah langsung mendatangi atau mengirim surat kelulusan bagi siswa, khususnya di daerah pesisir maupun pelosok. Pengumuman dilakukan sekira pukul 10.00.WIB,” tukas Mohm Ikhsan Lubis.

Masih menurut Ikhsan, pihaknya meminta sekolah harus melarang siswa yang dinyatakan lulus tidak merayakan kelulusan dengan menggelar konvoi di jalan raya. Serta meminta sekolah tidak mengadakan acara perpisahan dan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak guna menghindari penularan Covid-19.

“Tidak ada acara, wisuda, perpisahan, ataupun pertemuan yang melibatkan orang banyak terkait kelulusan siswa ini,” katanya.

Diharapkan Lulus Seratus Persen

Sementara secara terpisah Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sunggal M Basir Hasibuan MPd kepada topmetro.news, Jumat (1/5/2020), mengatakan pengumuman tingkat kelulusan SMA/SMK khususnya di Cabang Dinas Sunggal diharapkan bisa mencapai seratus persen.

Artinya, tingkat kelulusan tahun ini diharapkan bisa melampau tahun lalu yang hanya 99,9 persen.

Pada dasarnya, kata Basir Hasibuan, penilaian tingkat kelulusan tahun ini berdasarkan nilai rapot semester 1-5. Lalu ditambah dengan nilai ujian hasil sekolah.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sunggal Basir Hasibuan MPd | topmetro.news

Dasar penilaian ini dilakukan karena mengingat suasana Virus Corona yang melanda dunia dan Indonesia. Makanya ujian nasional ditiadakan dan sebagai pengganti nilai kelulusan diambil dari hasil ujian sekolah dan rapot.

Ada pun keputusan kelulusan bagi siswa harus dibawa dalam rapat pleno sekolah.

Besok, Sabtu (2/5/2020), sesuai instruksi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara kepada Cabang Dinas diminta agar pihak sekolah mengeluarkan hasil kelulusan siswa siswi sekira pukul 10.00 WIB pagi.

“Ya. Kami sudah menerima surat instruksi dari Kepala Dinas Pendidikan Provsu untuk melaksanakan tugas yang selanjutkan kami sampaikan ke sekolah-sekolah yang ada di sekitar Cabang Dinas Sunggal. Kita harapkan pengumuman via daring ini bisa menghempang atau memutuskan mata rantai Covid-19,” ujar Basir

Razia di Sekolah

Pengumuman tingkat kelulusan SMA/SMK ini juga besok akan diawasi pihak Pamong Praja dan Kepolisian

Hal itu dilakukan karena mengingat situasi Covid-19 masih melanda Indonesia khususnya Provinsi Sumaters Utara. Maka siswa-siswi dilarang melakukan konvoi dijalanan.

“Kalau pihak sekokah mengetahui ada siswa melakukan konvoi maka pihak aparat penegak hukum akan memberi sanksi untuk siswa/i tersebut,” ujar Basir

Penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment