Malaysia Berlakuan Lock Down, Ratusan TKI Asal Asahan Kelaparan

positif covid-19

topmetro.news – Akibat mewabahnya virus covid 19, Malaysia memberlakuan lock down. Akibat pemberlakuan lock down tersebut, ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Asahan saat ini kondisinya sangat memprihatikan alias kelaparan.

Saat ini ratusan TKI asal Asahan kondisinya kurang baik, banyak bahan pangan yang sudah habis dan untuk membayar sewa rumah juga nggak ada bang, demikian dikatakan Indra Ringo, salah seorang petugas yang ditunjuk gugus tugas covid 19 melalui Dinas Ketenagakerjaan Asahan dari Malaysia via telepon selulernya, Jum’at (1/5/2020).

Pemkab Asahan Data Ratusan TKI Akibat Malaysia Lock Down

“Ada sekitar 300 orang TKI asal Asahan yang telah kami diterima datanya. Untuk itu, kita meminta dan memohon kalau bisa Pemerintah atau Pemerintah Kabupaten Asahan untuk segera mengembalikan ratusan TKI ini ke Indonesia atau ke Asahan. Kasihan kita melihat mereka, buat apa disini menahan lapar”, kata Indra Ringo.

Bupati Asahan, H Surya BSc selaku ketua gugus tugas percepatan penanganan covid 19 melalui juru bicaranya,  H Rahmat Hidayat Siregar SSos MSi membenarkan bahwa Bupati Asahan melalui staf Disnaker saudara Catur telah menghunjuk Indra Ringo untuk melakukan pendataan para TKI asal Asahan di Malaysia.

Setelah didata selanjutnya Bupati Asahan akan mengirimkan surat dan melaporkan kejadian ini kepada Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi. Langkah ini diambil dengan tujuan untuk mengurus segala administrasi kepada Kementerian Perhubungan. Gubsu melaporkan dan meneruskan permohonan dari Bupati Asahan untuk dapat memulangkan sendiri warga Asahan.

“Kita berharap semoga setelah didata selanjutnya dapat kita lakukan proses pengurusan administrasi untuk segera mengembalikan warga Asahan secepatnya. Kita mohon dukungan dan doa dari masyarakat agar para saudara kita yang bekerja di Malaysia dapat segera kembali ke Asahan”, kata Hidayat.

Reporter | Muhammad Adenan

Related posts

Leave a Comment